Sukses

Resep Kue Bola Kurma, Camilan Manis yang Cocok untuk Buka Puasa

Selain dimakan secara langsung, Anda bisa mencoba menikmati kurma dengan cara yang berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Saat berpuasa, mengkonsumsi kurma merupakan sunah untuk dilakukan karena mengadaptasi dari perilaku Nabi Muhamad SAW. Namun, selain dimakan secara langsung, Anda bisa mencoba menikmati kurma dengan cara yang berbeda.

 

Baca juga:

 

Anda bisa membuat kue bola kurma sendiri di rumah. Rasa manis dari kurma dan kismis yang dipadukan dengan renyah dan pedas dari pistachio menciptakan rasa unik di lidah.

Maka dari itu, Anda bisa menjadikan kue ini sebagai cara baru untuk menikmati kurma saat berbuka puasa. Atau bisa juga dijadikan camilan dan makanan penutup. Nah, penasaran apa saja bahan-bahannya dan cara membuatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari EatingWell, Selasa (4/5/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi dalam Kurma

Melansir dari Verywell Fit, Selasa (4/5/2021), dalam kurma terkandung karbohidrat yang diperkirakan lebih dari 5 gram pada satu buahnya, yang sebagian besarnya berasal dari gula. Rasa kurma yang manis juga karena memiliki kandungan fruktosa tinggi, yang di mana dua kali lebih manis dari glukosa.

Rata-rata mengandung setengah gram serat di dalamnya. Indeks glikemik pada kurma juga rendah hanya 43 sampai 55 tergantung varietas dan kematangannya. Kurma bukanlah sumber lemak yang signifikan.

Protein yang terkandung dalam kurma juga sedikit. Namun, kurma merupakan sumber potasium, magnesium, dan zat besi yang baik untuk tubuh. Kurma juga menyediakan enam vitamin B esensial, termasuk asam folat dan pantotenat.

Dari beragam kandungan nutrisi tersebut kurma memberikan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh seperti sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk melindungi diri dari kanker. Kalium yang terkandung juga bisa mengurangi tekanan darah tinggi, sehinggan baik untuk mendukung kesehatan jantung.

Magnesium juga terlibat dalam pembentukan tulang. Tak hanya itu, isoflavon pada kurma juga membantu mengurangi gejala menopause. Dengan kurma juga bisa membantu menstabilkan gula darah karena bisa menggantikan sirup atau gula rafinasi sebab manisnya yang pekat.

 

Baca juga:

 

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan ini akan dibuat untuk 32 porsi atau 32 bola kecil yang cukup untuk sekali gigitan. Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dalam membuatnya.

Bahan-bahan

  • 2 cangkir kurma utuh diadu
  • 1 cangkir pistachio mentah tanpa garam
  • 1 cangkir kismis emas
  • 1 sdt biji adas bubuk
  • ¼ sdt merica bubuk

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 4 halaman

Cara Pembuatan

Waktu pembuatan kue ini bisa memakan waktu 10 menit, sehingga bisa menyesuaikan waktu Anda yang sedikit. Berikut cara pembuatannya:

  1. Siapkan food processor untuk menghancurkan dan mencampurkan seluruh bahan-bahan.
  2. Masukkan kurma, pistachio, kismis, adas dan merica untuk menyatukan dan menghaluskannya.
  3. Saat sudah tercincang halus, bentuk adonan menjadi bola-bola kecil, masing-masing menggunakan 1 sendok makan.
  4. Taruh semua adonan yang sudah dicetak ke dalam sebuah wadah yang kedap udara.
  5. Diamkan kue pada suhu ruang minimal dalam waktu 3 jam.
  6. Setelah itu, kue kurma kismis siap disajikan.

Catatan: Pada langkah ke empat dan lima bisa dilewatkan jika Anda tidak memiliki cukup waktu. Namun, akan lebih enak jika didiamkan pada suhu ruang terlebih dahulu.

 

Baca juga:

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.