Sukses

Mengecilkan Memar hingga Menghapus Kantong Mata, Ini 17 Manfaat Teh yang Kerap Tak Disadari

Berikut beberapa manfaat teh yang tak Anda ketahui

Liputan6.com, Jakarta Kerap dianggap sepele, nyatanya teh memiliki banyak sifat berguna yang mungkin tidak Anda ketahui.

Teh kaya akan tanin, nitrogen, dan polifenol. Dengan bahan-bahan tersebut, ini cocok untuk banyak pekerjaan rumah tangga yang tidak terduga.

Berikut beberapa manfaat teh yang tidak Anda ketahui seperti dilansir dari Shared:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Melapisi wajan besi

Jika Anda menggunakan alat dapur praktis ini, Anda tahu bahwa setelah digunakan, alat itu perlu dibilas, dikeringkan, dan digosok dengan minyak. Tapi Anda sebenarnya bisa menggunakan kantong teh sebagai pengganti minyak sayur.

Rendam kantong teh dan gosokkan di atas wajan untuk lapisan tahan karat.

2. Menghilangkan bau di karpet

Seperti soda kue, teh menyedot bau busuk dan meninggalkan bau yang menyenangkan. Taburkan sedikit saja di permadani Anda, dan sedot debu 15 menit kemudian.

Coba tambahkan kayu manis untuk aroma yang lebih manis.

3. Berkreasi dalam memasak

Teh tidak hanya untuk diminum: rasa seperti melati, kamomil, dan teh hijau juga dapat menambah gaya pada makanan Anda. Saat Anda merebus air untuk oat atau pasta, cobalah seduh kantong teh untuk menambah rasa.

 

3 dari 7 halaman

4. Menyegarkan lemari es

Sedikit teh bubuk di dalam stoples atau mangkuk akan membuat lemari es Anda tetap segar sepanjang minggu. Hanya saja jangan lupa untuk menggantinya saat baunya kembali.

5. Merendam kaki

Merendam kaki di air hangat dengan teh tidak hanya membuat rileks, tetapi juga membuat kaki terlihat lebih segar dan segar. Minuman yang sedikit asam ini menghilangkan kulit mati, sekaligus mengurangi peradangan.

6. Pengendalian hama

Untuk beberapa alasan hewan pengerat, laba-laba, dan semut tidak tahan dengan bau teh. Tinggalkan kantong teh di dapur Anda, atau area bermasalah lainnya, dan oleskan dengan minyak peppermint untuk mencegah hewan merayap yang menyeramkan. Ganti setiap beberapa hari.

 

4 dari 7 halaman

7. Pengharum ruangan buatan sendiri

Sama seperti minyak peppermint yang membawa aroma teh, menaburkan minyak esensial favorit Anda ke dalam kantong teh akan membuat ruangan menjadi segar. Ide ini sangat murah dan berfungsi dengan baik.

8. Mengobati sengatan matahari

Teh mengandung polifenol dan asam, yang meredakan luka bakar dan mengurangi peradangan. Gosokkan kantong teh basah pada kulit yang terbakar sinar matahari atau jatuhkan beberapa kantong teh ke dalam bak mandi sebelum Anda berendam untuk meredakan nyeri.

9. Membuat kompos

Di musim dingin dan gugur, tumpukan kompos Anda akan berhenti rusak, karena bakteri di atasnya mati. Menambahkan kantong teh kaya nitrogen akan mendorong bakteri sekaligus menjauhkan hama.

Anda juga bisa mengubur kantong teh di kebun Anda untuk menjaga agar bunga Anda tetap sehat.

 

5 dari 7 halaman

10. Menjaga kebersihan litter box

Saat Anda mengganti kotoran kucing, taburkan sedikit teh di bawahnya. Saat hewan peliharaan Anda menggali kotorannya, mereka akan mengekspos teh yang beraroma manis, dan menutupi bau yang tidak sedap.

11. Mengecilkan memar

Punya memar jelek di kaki Anda? Anda bisa mengobatinya dengan menggosok kulit Anda dengan kantong teh basah. Tanin dalam teh akan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

12. Menyegarkan tangan

Setelah masak atau bekerja di garasi, bau tak sedap punya kebiasaan menempel seperti lem di tangan Anda. Remas kantong teh saat Anda mencuci tangan dan baunya akan langsung hilang.

 

6 dari 7 halaman

13. Bersihkan makanan yang menempel

Biarkan kantong teh bekerja semalaman: isi piring kotor dengan air, masukkan kantong teh, dan biarkan terendam semalaman. Makanan yang gosong atau berminyak akan mudah dibersihkan keesokan harinya.

14. Obati luka di dalam mulut Anda

Luka dan luka kecil di dalam mulut tidak terlalu menyakitkan, tetapi bisa mengganggu. Jika Anda menempelkan kantong teh pada luka selama beberapa menit, noda tersebut akan sembuh dengan cepat.

15. Hapus kantung mata

Berbaringlah dengan sepasang kantong teh basah yang diletakkan di atas mata tertutup Anda. Setelah 15 menit Anda akan melihat garis-garis gelap di bawah mata Anda mulai menghilang.

 

7 dari 7 halaman

16. Bersihkan cermin kamar mandi

Karena teh sedikit asam, teh berguna untuk menyeka noda berminyak. Jejak air dan percikan pasta gigi di cermin kamar mandi Anda adalah pekerjaan yang sempurna untuk alat ini.

Cukup basahi kantong teh dan gosokkan ke cermin, lalu bersihkan dengan lap.

17. Obat kumur alami

Obat kumur penting untuk menjaga kebersihan mulut, tetapi dapat membunuh bakteri sehat yang membantu pencernaan. Teh membersihkan gigi dan mulut Anda, tetapi tidak membunuh bakteri sebanyak itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.