Awas, 4 Hal Ini Bikin Berat Badan Naik Saat Puasa Ramadhan

Oleh Camelia pada 01 Mei 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 01 Mei 2021, 16:19 WIB
Obesitas atau kegemukan bukan lagi menjadi hal yang aneh di masyarakat kini. Tetapi bukan berarti hal ini bisa dimaklumi atau dibiarkan.
Perbesar
(Sumber Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Saat berpuasa, umat muslim akan menahan makan dan minumnya dari mulai terbit mahari hingga terbenam. Hal ini dilakukan sebulan penuh selama bulan Ramadhan.

Namun, justru tak sedikit orang yang merasa bahwa berat badan naik saat berpuasa. Tak jarang hal ini membuat banyak orang bertanya-tanya, bagaimana bisa berat badan justru naik ketika berpuasa.

Rupanya ada beberapa hal yang tanpa disadari justru memicu naiknya berat badan ketika berpuasa, dikutip dari berbagai sumber berikut ulasannya.

2 dari 6 halaman

1. Makan Berlebihan Saat Berbuka

Lapar
Perbesar
Ilustrasi Makan Cemilan Credit: pexels.com/pixabay

Penyebab berat badan naik saat berpuasa yang utama yakni makan dengan jumlah banyak dan berlebihan ketika berbuka.

Tentu tak sedikit orang yang mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, manis dan berlemak saat berbuka puasa. Mulai dari gorengan, es hingga camilan manis. Berat badan tentu saja akan naik bila Anda langsung mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah banyak. Terlebih jika hal ini dilakukan selama satu bulan penuh.

Ada baiknya Anda perbanyak konsumsi buah buahan yang kaya serat. Barulah setelah 30 menit atau satu jam, Anda dapat menyantap makanan utama seperti nasi dan lauk.

3 dari 6 halaman

2. Kurang Tidur

[Fimela] Woman in Bed
Perbesar
Ilustrasi tempat tidur | Pixabay.com

Tak banyak yang menyadari bahwa kurangnya waktu tidur juga bisa jadi penyebab berat badan naik saat berpuasa. Saat berpuasa sebulan penuh jadwal tidur juga pasti berubah lantaran harus bangun sahur.

Banyak orang yang terbiasa tidur malam atau begadang, tentu saja ketika harus bangun sahur tidurnya menjadi tidak cukup karena harus bangun lebih awal dari biasanya.

Ketika Anda kurang tidur, hormon leptin, hormon yang mampu menekan rasa lapar akan terganggu. Sehingga akan membuat Anda jadi semakin mudah kelaparan dan bernafsu untuk terus makan. Hal inilah yang menyebabkan seseorang menjadi tidak bisa menghentikan nafsu makan saat berbuka puasa.

4 dari 6 halaman

3. Kurang Aktivitas

Tidur
Perbesar
Ilustrasi Tidur Credit: pexels.com/pixabay

Umumnya ketika berpuasa orang akan lebih sedikit melakukan aktivitas fisik. Padahal kurangnya melakukan aktivitas fisik juga bisa menjadi penyebab berat badan naik saat berpuasa loh.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga ringan di bulan puasa. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, atau jogging sambil ngabuburit di sore hari agar badan tetap sehat dan berat badan tidak naik.

5 dari 6 halaman

4. Tidur Setelah Sahur

Ilustrasi Tidur
Perbesar
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Sebagian besar orang akan memilih untuk langsung tidur kembali usai sahur. Padahal tanpa disadari, hal ini bisa membuat berat badan naik. Hal ini lantaran langsung tidur setelah sahur dapat menghambat proses pencernaan makan.

Dengan langsung tidur usai sahur, kalori yang harusnya dibakar malah dibiarkan menumpuk di dalam tubuh karena kamu langsung tidur. Makanan tersebut tentunya tak bisa berubah menjadi energi dan justru menumpuk menjadi lemak.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓