Sukses

Misteri Desa Terkubur Pasir

Desa Al Madam ditinggal para penghuninya sejak satu dekade lalu. Berada di kesunyian gurun pasir, Al Madam kini diselimuti misteri. Bahkan dijuluki Desa Hantu.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak tempat yang sunyi menyimpan misteri, namun justru mengundang pelancong berdatangan. Di negeri padang pasir Uni Emirat Arab ada suatu desa yang mempunyai kriteria seperti itu.

Al Madam, sebuah desa tua yang telantar ditinggal para penghuni semenjak satu dekade lalu. Desa kecil ini hanya berjarak 60 kilometer dari Kota Dubai. Penduduk Dubai menyebutnya Desa Hantu.

 

Desa itu berbatasan dengan Emirat Teluk Sharjah, setengah terkubur di pasir gurun. Tanpa alasan yang jelas, desa tersebut ditinggalkan para penghuninya begitu saja, sehingga kini bak kota hantu.

 

Badai pasir ternyata sangat sering terjadi di area tersebut. Menghantam permukiman itu hingga memenuhi rumah dengan timbunan pasir sampai ke langit-langit.

 

 

Sebuah masjid setengah terkubur di gurun pasir. Kendati terbengkalai dan jauh dari kata mewah, Al Madam justru kian populer di kalangan fotografer dan selebritas Instagram atau selebgram.

 

 

Kini, bagian dalam rumah-rumah setengah terkubur di gurun pasir. Rumah-rumah yang diperkirakan dibangun pada 1970 atau 1980-an itu pernah dihuni Suku Kutbi.

 

Ditinggal para penghuninya, Al Madam dibumbui banyak kisah mistis. Untuk memastikan kebenarannya, satu lembaga meneliti sejarah "Desa Hantu". Hasilnya, desa itu pernah dilanda badai pasir dahsyat, sehingga ditinggal pergi selamanya oleh penduduknya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.