Sukses

Tanpa Disadari 5 Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Gigi Kuning

Berikut deretan kebiasaan yang tanpa disadari dapat mengubah warna gigi menjadi kekuningan.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki senyuman yang indah nampaknya menjadi impian banyak orang. Faktanya, 94% orang mengatakan bahwa senyuman adalah hal pertama yang mereka lihat saat bertemu seseorang.

 

Meskipun kebanyakan dari kita bermimpi memiliki senyuman layaknya para selebriti Hollywood, sayangnya tak sedikit yang tidak melakukan apa-apa untuk mendapatkannya.

Sebaliknya, banyak yang justru melakukan kebiasaan sehari-hari yang justru bisa menodai gigi. Dikutip dari Bright Side, berikut deretan kebiasaan yang tanpa disadari dapat mengubah warna gigi menjadi kekuningan.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Konsumsi Buah Beri

Meskipun buah beri segar dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam banyak hal, buah ini terkenal dapat menyebabkan noda pada gigi. Banyak orang tahu bahwa memakan buah beri hitam dapat memengaruhi kecerahan gigi, tetapi memakannya dalam kue, selai, dan jeli juga dapat menyebabkan gigi terlihat kotor.

3 dari 6 halaman

Berenang

Jika Anda seorang perenang yang berdedikasi dan menghabiskan lebih dari 6 jam seminggu di kolam renang, kemungkinan besar Anda mungkin melihat penumpukan kecoklatan pada gigi Anda.

Saat Anda berenang, Anda mungkin secara tidak sengaja membiarkan air masuk ke mulut Anda, dan semua bahan kimia dalam air kolam dapat menyebabkan noda pada gigi Anda. Meskipun klorin membantu menghilangkan bakteri di dalam air, klorin dapat mengubah gigi Anda menjadi kuning atau coklat dan melemahkan email sehingga membuat gigi Anda menjadi terlalu sensitif.

4 dari 6 halaman

Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur seharusnya memberikan napas segar, tetapi sebaiknya periksa label botolnya sebelum membeli. Beberapa bahan dalam obat kumur dapat bereaksi dengan senyawa pewarna dalam makanan, dan alih-alih mencerahkan gigi, bahan ini dapat memberikan noda pada gigi.

5 dari 6 halaman

Menggunakan Sikat Gigi yang Keras

Menggunakan sikat gigi yang keras tidak akan membuat gigi Anda lebih putih. Nyatanya, menyikat gigi terlalu agresif dapat merusak enamel gigi Anda. Hal ini, pada gilirannya, akan membuat gigi Anda lebih rentan terhadap kerusakan dan noda. Dokter gigi menganjurkan untuk menggunakan sikat gigi yang lembut atau ekstra lembut dan menggantinya segera setelah bulunya menyebar.

6 dari 6 halaman

Memasak dengan Bumbu Tertentu

Menambahkan bumbu tertentu pada makanan mungkin akan menambah rasa dan berbagai aroma pada hidangan Anda, tetapi Anda mungkin harus membatasi bumbu tertentu jika Anda ingin gigi tetap putih.

Beberapa bumbu berpigmen tinggi, seperti kari, dapat menodai gigi dan membuatnya menjadi kekuningan. Jika Anda tidak menyukai rasa makanan biasa, bumbui makanan Anda dengan bumbu alami yang dapat bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda, seperti timi, kunyit, atau kayu manis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.