Sukses

Nikmat dan Sehat, Resep Es Pelangi Segar untuk Berbuka Puasa

Minuman penghilang dahaga yang segar ini terlihat seperti pelangi, terbuat dari buah-buahan segar yang sehat.

Liputan6.com, Jakarta Minuman segar pasti bisa menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Komposisi minuman yang terbuat dari buah-buahan segar juga membuat menu berbuka menjadi lebih sehat untuk dikonsumsi. Terlebih lagi tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga memberikan manfaat bagi tubuh seperti minuman es buah pelangi ini.

Minuman ini juga bisa membuat tubuh tetap terhidrasi karena menggunakan buah stroberi yang memiliki kandungan air yang tinggi. Menjaga tubuh tetap terhidrasi saat berpuasa merupakan kunci agar tubuh tidak lemas saat beraktivitas.

Melansir dari Taste of Home, minuman yang berwarna seperti pelangi ini dibuat dengan buah-buahan segar sepeti kiwi, bluberi, nanas, stroberi, limun, dan juga tambahan jahe dingin.

Beragam warna yang diberikan oleh buah-buah ini maka dari itu disebut minuman segar pelangi. Sebelum masuk ke resepnya, simak beberapa penjelasan mengenai nutrisi yang terkandung dari bahan utamanya yaitu buah kiwi.

 

 

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi dalam Buah Kiwi

Mengutip dari Verywell Fit, karbohidrat dalam buah kiwi lebih dari 10 gram per ukuran yang sedang. Jika dilihat 2,1 gram berasal dari serat dan 6,2 gram berasal dari gula alami yang terdapat di dalam kiwi hijau. Buah kiwi ini juga dianggap sebagai buah yang indeks glikemiknya rendah yaitu 52,2.

Secara alami, kiwi memang rendah lemak dengan sekitar setengah gram lemak per buah. Namun, kiwi tidak mengandung lemak jenuh. Untuk protein, kiwi juga mempunyainya hampir 1 gram per kiwi, maka dari itu kiwi bukan sumber asam amino yang signifikan.

Dalam buah kiwi juga terdapat vitamin C dan vitamin K yang cukup. Tak hanya itu, buah kiwi juga menyediakan potasium, vitamin E, dan folat. Dari beragam nutrisi yang terkandung itu, kiwi memberikan manfaat yang banyak untuk tubuh, seperti membantu pencegahan anemia.

Walaupun kiwi bukan sumber utama zat besi, tetapi salah satu sumber vitamin C alami terbaik ada di dalamnya. Dengan begitu, secara siginifikan dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga mencegah kekurangan zat besi pada tubuh.

Buah kiwi juga dapat membuat durasi gejala penyakit pilek menjadi lebih singkat, mendukung kesehatan jantung karena terdapat sumber potasium yang baik untuk jantung, dan juga bisa menurunkan kadar kolesterol.

Mengonsumsi buah kiwi juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan karena terdapat serat larut dan tidak larut yang penting untuk keteraturan. Vitamin C dan vitamin K pada kiwi juga bisa memainkan peran penting untuk penyembuhan luka pada tubuh.

 

 

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan

Bahan-bahan di bawah ini disajikan untuk empat porsi, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan.

  • 1/2 cangkir buah kiwi cincang
  • 1/2 cangkir bluberi segar
  • 1/2 cangkir nanas segar cincang
  • 1/2 cangkir irisan stroberi segar atau raspberry segar
  • 1 cangkir jahe dingin
  • 1/2 cangkir jus nanas dingin tanpa pemanis
  • 1/2 cangkir limun dingin
  • Es batu

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Pembuatan

  1. Siapkan empat gelas sedang untuk wadah.
  2. Masukkan es batu, kiwi, bluberi, nanas, dan stroberi ke dalam setiap gelas.
  3. Lalu, dalam gelas atau teko kecil, campur jahe dingin, jus nanas, dan limun dingin kemudian aduk hingga merata.
  4. Setelah diaduk, tuangkan campuran jus tersebut ke dalam empat gelas yang sudah terisi buah.
  5. Jika sudah, sajikan segera minuman segar pelangi ini.

 

Dalam minuman segar pelangi ini terdapat 91 kalori, 8mg sodium, 23g karbohidrat (18g gula, 2g serat), dan 1g protein. Minuman segar pelangi ini dapat dinikmati saat berbuka puasa dengan mempertimbangkan kesehatan tubuh.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini