5 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Cegah Jerawat hingga Penuaan Dini

Oleh Ulya Kaltsum pada 30 Apr 2021, 09:06 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 09:06 WIB
4 Khasiat Kecantikan dari Alpukat
Perbesar
Alpukat sangat bermanfaat untuk mencantikan wajah Anda. Ini caranya

Liputan6.com, Jakarta Alpukat dikenal sebagai buah yang kaya akan nutrisi. Dengan kandungan asam lemak jenuh tunggal, alpukat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Buah dengan daging berwarna kuning kehijauan ini merupakan sumber vitamin E dan C yang baik. Selain itu, kandungan antioksidan pada alpukat juga memiliki peranan penting untuk kesehatan kulit.

Lantas, apa sajakah manfaat dari alpukat untuk kesehatan kulit? Dirangkum Liputan6.com dari Healthline, berikut 5 manfaat alpukat untuk kesehatan kulit.

2 dari 7 halaman

1. Menenangkan Kondisi Kulit

Buah Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: pexels.com/Daria

Seorang ilmuwan di LaFore Probiotic Skincare, Maya Ivanjesku, mengatakan bahwa lemak, senyawa, dan vitamin yang ditemukan dalam alpukat dapat membantu mempercepat perbaikan kulit dan memperbaiki kondisi kulit yang kronis, seperti eksim dan jerawat. Selain itu, nutrisi yang sama ini dapat memperbaiki kulit pecah-pecah dan meratakan warna kulit.

 

 

3 dari 7 halaman

2. Mencegah Penuaan Kulit

ilustrasi alpukat/pixabay
Perbesar
ilustrasi alpukat/pixabay

Sebuah riset tahun 2011 menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan peradangan akibat sinar matahari. Pasalnya, kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV) dapat menyebabkan keriput, tanda-tanda penuaan lainnya, hingga kanker kulit.

Kandungan vitamin C dan vitamin E pada alpukat berperan penting dalam melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh sinar matahari dan faktor lingkungan lainnya.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Kulit Menjadi Halus dan Kenyal

Masker Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Masker Alpukat Credit: pexels.com/pixabay

Selain mengandung vitamin dan antioksidan, alpukat juga kaya akan beberapa asam lemak esensial. Salah satunya adalah lemak tak jenuh tunggal yang diketahui mampu menjaga kulit tetap kenyal sekaligus lembut.

Hal ini dibuktikan melalui penelitian tahun 2010 terhadap 700 perempuan. Penelitian ini mengamati hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan antioksidan mikro.

 

 

5 dari 7 halaman

4. Mencegah Kulit Kering

20150722-Bibir Hitam? Mudah, Ini Tips Memerahkan Bibir dengan Bahan Alami 3
Perbesar
Alpukat dapat untuk memerahkan bibir secara alami. Caranya siapkan irisan buah alpukat secukupnya dan haluskan hingga lembut, lalu tambahkan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan pada bibir dan biarkan sejenak, lalu bilas dengan air hangat. (Istimewa)

Kandungan dan nutrisi lain yang terdapat dalam alpukat, seperti betakaroten, lesitin, dan asam linoleat dapat membantu melembapkan kulit. Selain itu, alpukat juga sebagai sumber biotin yang merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat membantu mencegah kulit kering ketika dioleskan.

 

 

6 dari 7 halaman

5. Meminimalkan Jerawat

Alpukat
Perbesar
Ilustrasi alpukat (iStockphoto)

Kandungan asam lemak yang kaya akan sifat antiinflamasi dan antimikroba pada alpukat dapat meminimalkan tumbuhnya jerawat. Caranya, gunakan minyak alpukat sebagai pembersih wajah untuk mengurangi munculnya jerawat sekaligus membantu kulit terasa lebih kenyal dan lembap.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan Di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓