Sukses

8 Hal Baik yang Bakal Terjadi pada Diri Anda Saat Berusia 40-an

Banyak hal baik yang justru terjadi saat Anda berusia 40-an

Liputan6.com, Jakarta Kita semua terbiasa mendengar bahwa usia dua puluhan adalah tahun terbaik dalam hidup kita, tapi mungkin itu tidak sepenuhnya benar. Usia empat puluhan adalah pesaing yang sangat kuat untuk menjadi tahun-tahun terbaik dalam hidup Anda, karena saat itu Anda bisa lebih bahagia dan bahkan lebih kaya.

Anda dapat menemukan lebih banyak waktu untuk hobi dan melakukan hal-hal yang diinginkan tanpa terlalu stres tentang pekerjaan seperti dulu. Berikut ini hal-hal baik yang terjadi pada diri Anda saat menginjak usia 40-an seperti dilansir dari Brightside.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Lebih pandai dalam mengatur uang

Uang dapat menjadi penyebab banyak stres dan masalah bagi orang-orang, tetapi untungnya, pada usia 40 tahun ke atas, itu adalah sesuatu yang mungkin tidak terlalu Anda khawatirkan. Menariknya, menurut data dari PayScale, wanita mulai mencapai puncak penghasilan mereka pada usia 44 tahun, sedangkan untuk pria, penghasilannya mencapai 55 tahun.

 

3 dari 9 halaman

2. Menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial dan memanfaatkan waktu lebih baik

Semua orang tahu betapa menghabiskan waktu di media sosial dan betapa mudahnya menghabiskan berjam-jam menelusuri beberapa aplikasi yang sama. Akan tetapi, orang-orang yang berusia empat puluhan cenderung melakukan itu lebih sedikit dan dapat mengatur waktu mereka dengan lebih baik dan memanfaatkannya dengan baik.

Menurut data dari Pew Research Center, orang dewasa berusia empat puluhan cenderung lebih jarang menggunakan media sosial daripada orang yang lebih muda, dan 56% dari mereka juga mengatakan bahwa tidak sulit untuk melepaskannya demi kebaikan.

 

4 dari 9 halaman

3. Memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang lebih baik

Keseimbangan kehidupan kerja muncul di hampir setiap percakapan saat ini, dan seseorang yang mengatakan bahwa mereka memiliki keseimbangan kehidupan kerja yang sempurna adalah hal yang langka. Namun ternyata tidak jarang jika Anda berusia antara 34 dan 44 tahun, menurut sebuah jajak pendapat oleh YouGov. Ini menunjukkan bahwa 57% profesional di antara usia tersebut merasa senang dengan keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadinya.

 

5 dari 9 halaman

4. Membutuhkan lebih sedikit tidur

Hal baik lainnya tentang berada di usia empat puluhan adalah kenyataan bahwa tubuh Anda membutuhkan lebih sedikit tidur daripada saat Anda masih muda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, orang dewasa berusia antara 40 dan 55 tahun tidur sekitar 23 menit lebih sedikit daripada orang dewasa berusia dua puluhan dan tiga puluhan.

Itu mungkin tidak terlihat banyak, tetapi dikombinasikan dengan penggunaan waktu yang lebih baik, Anda bisa menyelesaikan banyak hal atau menyelinap dalam latihan cepat.

 

6 dari 9 halaman

5. Hubungan Anda sepertinya bahagia dan sehat

Pernikahan adalah langkah besar bagi banyak orang, dan tentu saja, sering kali ada ketakutan tentang bagaimana kehidupan pernikahan nantinya. Namun, bertentangan dengan kepercayaan populer, tidak ada kata terlambat untuk menikah.

Faktanya, menurut penelitian ini, menikah terlambat adalah yang terbaik untuk kebahagiaan yang langgeng. Hasil survei menunjukkan bahwa orang yang menikah pada usia yang sama atau lebih lambat dari teman sebayanya menunjukkan tingkat kebahagiaan dan harga diri yang lebih tinggi, serta lebih sedikit depresi dibandingkan mereka yang menikah lebih awal.

 

7 dari 9 halaman

6. Anda lebih percaya diri

Keyakinan adalah sesuatu yang banyak dari kita mungkin bergumul, dan itu cenderung terjadi ketika kita lebih muda dan dikelilingi oleh semua jenis kecantikan atau standar sosial yang berbeda. Namun, penelitian oleh Harvard ini menunjukkan bahwa tingkat kepercayaan diri kita mendekati puncaknya setelah kita menginjak usia 40.

Ini adalah salah satu manfaat terbaik berada di usia empat puluhan, karena bahagia dengan siapa Anda seharusnya menjadi sesuatu yang terjadi sepanjang hidup kita, bukan hanya dalam satu periode saja.

 

8 dari 9 halaman

7. Anda lebih fokus dan bisa berkonsentrasi

Keuntungan lain yang cukup penting dari usia 40, jika Anda bertanya kepada kami, adalah kemampuan untuk lebih fokus dan mampu berkonsentrasi. Menurut penelitian di jurnal Psychological Science, rentang perhatian Anda mencapai puncaknya saat Anda berusia sekitar 43 tahun.

 

9 dari 9 halaman

8. Anda terus meningkatkan diri Anda secara mental

Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja, orang dewasa yang lebih tua menghabiskan lebih banyak waktu untuk membaca daripada orang yang lebih muda. Semua bacaan itu memiliki banyak manfaat bagi kita dan terkait langsung dengan kemampuan kita untuk mengekspresikan diri dengan lebih baik.

Studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard dan Rumah Sakit Umum Massachusetts ini menunjukkan bahwa kosakata orang-orang terus meningkat selama usia empat puluhan dan hampir mencapai puncaknya sebelum akhirnya mencapai batasnya di usia enam puluhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.