Sukses

Jarang Disadari, 4 Posisi Terbaik Agar Tidur Lebih Berkualitas

Beberapa posisi berikut dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur yang cukup memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Sudah bukan rahasia lagi jika memiliki waktu tidur yang cukup mampu meningkatkan produktivitas, kesehatan otak dan jantung, keseimbangan emosional, bahkan berat badan tubuh.

Namun, ternyata posisi tidur juga menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kualitas tidur, lho. Pasalnya, posisi tidur yang kurang tepat akan mengganggu kualitas tidur.

Setiap individu tentu memiliki posisi tidur yang berbeda, seperti telentang, berbaring, tengkurap, dan sebagainya. Namun, tahukah Anda di antara posisi tidur tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur?

Berikut beberapa posisi tidur yang tepat dan baik agar tidur lebih nyenyak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Telentang

Sering diabaikan, posisi tidur telentang ternyata memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidur telentang dapat melindungi tulang belakang. Pasalnya, Anda memberi kesempatan bagi leher, kepala, dan tulang belakang untuk berada dalam posisi netral.

Namun, hindari menggunakan bantal yang tinggi karena akan membuat leher tertekuk ke depan. Selain tak nyaman, hal tersebut juga dapat memicu dengkuran.

Tidur telentang juga bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah. Dengan posisi telentang, kulit wajah akan terlindungi kerutan karena gravitasi.

Sayangnya, posisi tidur telentang tak disarankan bagi mereka yang memiliki sleep apnea dan bermasalah pada punggung.

3 dari 5 halaman

2. Posisi Janin

Selain dapat mengurangi dengkuran, tidur dengan posisi janin dapat meredakan nyeri pada punggung.

Tidur dengan posisi janin juga cocok untuk para ibu hamil. Pasalnya, ini dapat meningkatkan sirkulasi darah ibu dan janin dalam kandungan. Tidur meringkuk dengan miring ke sisi kiri akan mencegah rahim menekan jantung dan hati.

4 dari 5 halaman

3. Memeluk guling

Tidur dengan posisi memeluk guling ternyata dapat menjaga kualitas tidur Anda. Seorang pakar kesehatan dan psikolog asal Jerman, Stephanie Silberman, mengatakan bahwa memeluk guling ketika tidur membantu penderita sleep apnea untuk mengurangi gejalanya.

Tidur memeluk guling dalam posisi miring akan membantu tulang punggung tetap lurus sehingga dapat memperbaiki postur tubuh.

5 dari 5 halaman

4. Posisi lengan ke atas

Tidur dengan posisi lengan ke atas disarankan bagi Anda yang memiliki masalah punggung. Selain itu, posisi ini juga dapat mengatasi masalah kulit, seperti jerawat dan keriput.

Sayangnya, tidur dengan lengan ke atas membuat Anda mendengkur dan berpotensi meningkatkan asam lambung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.