Sukses

Selain KRI Nanggala 402, Ini 5 Insiden Kapal Selam yang Pernah Terjadi di Dunia

Terbaru terjadi di Indonesia, ternyata insiden tragis tenggelamnya kapal selam telah banyak terjadi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Duka mendalam atas tenggelamnya kapal selam milik Indonesia yang dinamai KRI Nanggala 402 disampaikan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) TNI Yudo Margono, Minggu (25/4) lalu. Hal ini sekaligus membuka kembali sejarah insiden tragis kecelakaan yang menimpa kapal-kapal selam di dunia.

Kecelakaan kapal selam di Indonesia yang baru saja terjadi, menelan 53 awak setelah sebelumnya dinyatakan hilang. Sama dengan insiden tenggelamnya kapal-kapal selam di dunia, yang juga menewaskan banyak awak sehingga rekamnya jejaknya jelas dalam peristiwa sejarah dunia.

Kapal-kapal itu selayaknya digunakan oleh tentara laut yang mengemban tugas. Insiden-insiden yang mempengaruhi hilang dan tenggelamnya kapal itu pun berbeda-beda. Tidak hanya beradaptasi dengan lautan yang belum sepenuhnya tereksplorasi, tekanan air dalam kedalaman tertentu pun mempengaruhi lajunya operasi kapal selam.

Berikut adalah daftar kapal selam yang gugur dalam tugas dan menewaskan banyak awak dilansir dari laman H I Sutton,

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kapal selam Rusia

Kapal dengan kekuatan nuklir ini hilang dan tenggelam setelah terkena dua ledakan. Kejadian ini menewaskan 118 awak dan personel angkatan laut Rusia. Beruntung ada 23 lainnya yang selamat dalam kejadian ini. Kapal ini tenggelam di kedalaman 330m di bawah permukaan Laut Barent.

3 dari 6 halaman

2. Kapal selam Argentina

Kapal selam Argentina dengan nama A.R.A San Juan ini hilang setelah berlayar sejauh 430km dari pantai. Selama dua pekan pencarian, kapal ini tidak ditemukan sehingga pencarian diberhentikan. Bangkai kapal baru ditemukan setahun setelahnya pada kedalaman 800 meter di wilayah pantai yang dilindungi, Valdes Peninsula.

Kondisi pantai ini dipenuhi dengan glasier, tentunya menjadi salah satu alasan sulitnya evakuasi. Sebanyak 44 awak dinyatakan tewas.

4 dari 6 halaman

3. Kapal selam China

Kesalahan mesin menjadi penyebab kapal selam milik China dengan nomor 361 ini hilang di lautan. Kegagalan mesin dalam mengelola kendali kapal membuat pasokan oksigen dalam kapal telah habis, sebanyak 70 orang di dalamnya tewas.

5 dari 6 halaman

4. Kapal selam Perancis

Pada bulan Maret tanggal 4 tahun 1970, kapal ini berlayar dengan sempurna. Namun, setelah 54km dari daratan, kapal ini hilang. Banyak teori salah satunya yang ditulis di Reuters mengatakan bahwa, kapal ini tenggelam karena meledak dan menewaskan 57 orang di dalamnya.

6 dari 6 halaman

5. Kapal selam Amerika

Insiden kecelakaan kapal selam terbesar dialami oleh angkatan laut Amerika Serikat, pasalnya kapal selam dengan nama USS Tresher dengan muatan nuklir ini tenggelam di Samudera Atlantik. Kapal ini membawa 129 orang dan tidak ada yang selamat di dalamnya.

Itu tadi, insiden tragis yang dialami angkatan laut dunia ketika mengemban tugas dengan bantuan kapal selam.

Tidak mengurangi rasa hormat atas apa yang sedang terjadi pada Indonesia, Selamat Jalan KRI Nanggala 402, teruslah berlayar di keabadian.

 

Penulis:

Cindy Aulia SilniKaffah

Universitas Esa Unggul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.