Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Jenuh Jalani Work from Home

Oleh Camelia pada 27 Apr 2021, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Apr 2021, 08:00 WIB
Orang Produktif Kerja Cerdas, Orang Sibuk Kerja Keras
Perbesar
Ilustrasi Orang Produktif Credit: pexels.com/pixabay

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 mengharuskan banyak orang kini harus bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penularan virus tersebut.

 

Lantas pernahkah Anda merasakan bosan yang timbul karena bekerja dari rumah dan tidak merasakan kebahagiaan darinya?

Terlebih lagi banyak dari kita yang merindukan suasana serta teman-teman kantor. Namun ada baiknya kita terus berusaha menikmati momen bekerja di rumah agar tetap produktif.

Garima Juneja seorang psikolog serta pendiri Lightroom Therapy and Counseling, berbicara tentang bagaimana caranya untuk tetap bisa menikmati momen work from home. Dikutip dari Pinkvilla, berikut ulasannya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mulailah Hari Anda dengan Catatan yang Baik

Ilustrasi Menulis
Perbesar
Ilustrasi menulis (dok. Pixabay.com/Free-Photos)

Sebagian besar dari kita tentu langsung mengecek ponsel sesaat setelah bangun tidur. Tak jarang yang langsung membuka media sosial dan terjebak dalam informasi tidak berguna yang berlebihan.

Tanpa disadari hal ini mengacaukan pikiran kita dan membuat kita cemas. Ini tentunya bukan cara yang baik untuk memulai hari kita. Sebaliknya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menulis di jurnal Anda selama 5-7 menit karena pikiran bawah sadar Anda masih terbuka.

Anda dapat menuangkan pikiran-pikiran yang menjengkelkan ke selembar kertas yang akan meremajakan indra dan membantu Anda memulai hari dengan pikiran yang lebih jernih dan terbuka.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Ilustrasi Bekerja
Perbesar
Ilustrasi bekerja (dok. Pixabay.com/kaboompics)

Lingkungan eksternal jelas memiliki dampak yang signifikan dalam mengatur kesejahteraan internal kita. Menciptakan ruang kerja yang bersih tidak diragukan lagi dapat memberikan keajaiban bagi ketenangan diri.

Mengelilingi ruang kerja Anda dengan lukisan atau gambar alam, minyak esensial, atau lilin tidak hanya memikat kehidupan di ruang kerja Anda, tetapi juga memiliki efek menenangkan hati dan pikiran sehingga meningkatkan fokus Anda pada pekerjaan.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kerjakan Satu Hal dalam Satu Waktu

Ilustrasi Bekerja
Perbesar
Ilustrasi bekerja (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa rata-rata 47 persen waktu seseorang terpaku pada pikirannya, dan melakukan beberapa hal dalam satu waktu membuat Anda terjebak di sana.

Sebaliknya, berkonsentrasi pada satu hal atau tugas pada satu waktu selalu lebih bermanfaat. Ini meningkatkan kualitas kerja Anda dan menjauhkan Anda dari pikiran yang berlebihan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tidak Tergesa-gesa

Ilustrasi Bekerja
Perbesar
Ilustrasi bekerja (dok. Pixabay.com/StartupStockPhotos)

Cara termudah untuk menanamkan perhatian penuh dalam kehidupan sehari-hari adalah melakukannya tidak tergesa-gesa. Bekerjalah dengan tenang dan tanpa tergesa-gesa. Melakukan semuanya secara perlahan akan memberikan keunggulan manajemen mikro dan meningkatkan kemahiran. Dan yang terpenting, bekerja dengan santai dan perlahan membuat Anda menikmati setiap momen kerja dan kehidupan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cintai Diri Sendiri

ilustrasi bahagia
Perbesar
foto: pixabay

Penuhi diri Anda dengan cinta. Bermeditasi dan berolahragalah setiap hari. Ini akan membantu pelepasan endorfin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda. Jangan lupa untuk beristirahat di penghujung hari, hal ini sangatlah penting.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓