Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Agar Tak Jenuh Jalani Work from Home

Berikut deretan hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap bisa menikmati momen work from home

Liputan6.com, Jakarta Pandemi Covid-19 mengharuskan banyak orang kini harus bekerja dari rumah. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir penularan virus tersebut.

 

Lantas pernahkah Anda merasakan bosan yang timbul karena bekerja dari rumah dan tidak merasakan kebahagiaan darinya?

Terlebih lagi banyak dari kita yang merindukan suasana serta teman-teman kantor. Namun ada baiknya kita terus berusaha menikmati momen bekerja di rumah agar tetap produktif.

Garima Juneja seorang psikolog serta pendiri Lightroom Therapy and Counseling, berbicara tentang bagaimana caranya untuk tetap bisa menikmati momen work from home. Dikutip dari Pinkvilla, berikut ulasannya.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mulailah Hari Anda dengan Catatan yang Baik

Sebagian besar dari kita tentu langsung mengecek ponsel sesaat setelah bangun tidur. Tak jarang yang langsung membuka media sosial dan terjebak dalam informasi tidak berguna yang berlebihan.

Tanpa disadari hal ini mengacaukan pikiran kita dan membuat kita cemas. Ini tentunya bukan cara yang baik untuk memulai hari kita. Sebaliknya, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menulis di jurnal Anda selama 5-7 menit karena pikiran bawah sadar Anda masih terbuka.

Anda dapat menuangkan pikiran-pikiran yang menjengkelkan ke selembar kertas yang akan meremajakan indra dan membantu Anda memulai hari dengan pikiran yang lebih jernih dan terbuka.

3 dari 6 halaman

Ciptakan Ruang Kerja yang Nyaman

Lingkungan eksternal jelas memiliki dampak yang signifikan dalam mengatur kesejahteraan internal kita. Menciptakan ruang kerja yang bersih tidak diragukan lagi dapat memberikan keajaiban bagi ketenangan diri.

Mengelilingi ruang kerja Anda dengan lukisan atau gambar alam, minyak esensial, atau lilin tidak hanya memikat kehidupan di ruang kerja Anda, tetapi juga memiliki efek menenangkan hati dan pikiran sehingga meningkatkan fokus Anda pada pekerjaan.

 

4 dari 6 halaman

Kerjakan Satu Hal dalam Satu Waktu

Dalam sebuah penelitian, terlihat bahwa rata-rata 47 persen waktu seseorang terpaku pada pikirannya, dan melakukan beberapa hal dalam satu waktu membuat Anda terjebak di sana.

Sebaliknya, berkonsentrasi pada satu hal atau tugas pada satu waktu selalu lebih bermanfaat. Ini meningkatkan kualitas kerja Anda dan menjauhkan Anda dari pikiran yang berlebihan.

5 dari 6 halaman

Tidak Tergesa-gesa

Cara termudah untuk menanamkan perhatian penuh dalam kehidupan sehari-hari adalah melakukannya tidak tergesa-gesa. Bekerjalah dengan tenang dan tanpa tergesa-gesa. Melakukan semuanya secara perlahan akan memberikan keunggulan manajemen mikro dan meningkatkan kemahiran. Dan yang terpenting, bekerja dengan santai dan perlahan membuat Anda menikmati setiap momen kerja dan kehidupan.

6 dari 6 halaman

Cintai Diri Sendiri

Penuhi diri Anda dengan cinta. Bermeditasi dan berolahragalah setiap hari. Ini akan membantu pelepasan endorfin yang merupakan hormon yang bertanggung jawab atas kebahagiaan Anda. Jangan lupa untuk beristirahat di penghujung hari, hal ini sangatlah penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.