Sukses

Deretan Tanaman yang Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Anda bisa menggunakan berbagai tanaman yang memiliki khasiat menakjubkan untuk kecantikan kulit dan rambut.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki kulit sehat dan bersih tentu menjadi idaman setiap individu, khususnya kaum hawa. Tak heran jika berbagai produk kecantikan dan perawatan kulit dipilih untuk mewujudkan kulit impian.

Namun, dibutuhkan kocek yang tak sedikit untuk membeli produk kecantikan maupun melakukan perawatan kecantikan.

Untuk itu, jika Anda ingin menghemat, coba gunakan bahan-bahan alami untuk merawat kesehatan kulit.

Anda bisa menggunakan berbagai tanaman yang memiliki khasiat menakjubkan untuk kecantikan kulit dan rambut.

Tanaman-tanaman ini bisa digunakan dalam berbagai bentuk, mulai dari bubuk, pasta dan minyak untuk digunakan sebagai obat rumahan yang efektif untuk mengatasi masalah kecantikan sehari-hari.

Nah, penasaran tanaman apa saja dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (26/4/2021).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Tea Tree atau Pohon Teh untuk Jerawat

Jerawat menjadi kondisi kulit yang lumrah dialami banyak individu. Penyebabnya bisa dari berbagai macam, mulai dari pori-pori yang tersumbat, polusi udara maupun pola makan.

Minyak tea tree yang memiliki sifat antibakteri, antimikroba dan antiradang bisa membantu membersihkan kulit dan mencegah timbulnya jerawat.

Jadi, minyak tea tree diklaim mampu menjadi obat jerawat yang paling efektif.

3 dari 4 halaman

2. Lidah Buaya untuk Kulit Sunburn

Lidah buaya menjadi tanaman serba bisa untuk mengatasi berbagai masalah kecantikan, seperti jerawat dan sengatan matahari.

Jika Anda tengah mencari cara untuk melawan sengatan matahari yang parah, lidah buaya dengan khasiat anti-inflamasi, menenangkan dan penyembuhan luka menjadi jawabannya.

Untuk menggunakan lidah buaya pada kulit sunburn, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya segar pada area yang terbakar matahari. Lalu pijat lembut selama beberapa menit.

4 dari 4 halaman

3. Neem untuk Ketombe

Neem adalah tanaman obat yang telah banyak digunakan untuk mengatasi masalah kecantikan, seperti ketombe.

Ketombe menjadi masalah kulit kepala yang disebabkan oleh bakteri dan penumpukan bahan kimia. Neem memiliki sifat antibakteri yang mampu menjaga kulit kepala Anda tetap bersih dan tak berketombe.

Untuk menggunakannya, pertama-tama giling segenggam daun neem dengan sedikit air untuk membuat pasta. Lalu tambahkan pasta ini ke dalam mangkuk yang berisi yogurt dan aduk rata.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut ke kulit kepala Anda. Tunggu selama 15-20 menit sebelum mencucinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.