Sukses

Minuman Segar Berbuka Puasa, Paduan Air Soda dengan Stroberi dan Daun Kemangi

Minuman yang sangat segar ini bisa dijadikan menu berbuka puasa, paduan manisnya stroberi dengan harumnya kemangi akan menghilangkan haus.

Liputan6.com, Jakarta Berbuka puasa dengan yang manis dan segar sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Haus yang melanda sepanjang pun biasa diobati dengan mengonsumsi es atau minuman yang segar. Walaupun memang disarankan untuk tetap meminum air putih di saat berbuka puasa.

Melansir dari Very Well Fit, Rabu, (21/4/2021), minuman segar yang terbuat dari air soda dan dicampur dengan daun kemangi stroberi ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memberikan nutrisi. Jika ingin lebih sehat carilah air soda yang bebas dan natrium dan tanpa pemanis.

Berkombinasi dengan stroberi yang  memberikan rasa manis alami dan daun kemangi yang harum menambahkan rasa bersahaja dama minuman. Jarang sekali terdapat minuman yang menyertakan daun kemangi dalam komposisinya, tetapi minuman ini akan mampu mberikan sensasi berbeda.

Sebelum masuk ke dalam bahan-bahan dan cara pembuatannya, simak nutrisi dan manfaat yang terkadnung dalam kemangi atau basil ini.

 

 

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi dalam Basil/Kemangi

Basil atau kemangi merupakan tanaman aromatik dari keluarga mint yang berasal dari daerah tropis Asia dan Afrika. Jika dilihat, kemangi ini hanya memiliki sedikit kalori yang berasal dari karbohidrat, utamanya dalam bentuk serat.

Asupan vitamin dan mineral yang akan didapatkan seperti vitamin K, vitamin A, folat, magnesium, fosfor, dan kalium yang sehat. Walaupun asupan vitamin dan mineralnya tidak terlalu siginifikansaat mengonsumsi kemangi ini.  

Keamngi terkadang digunakan dalam aromaterapi untuk mengatasi gejala kelelahan. Terdapat sebuah penelitian menemukan bahwa kombinasi minyak (peppermint, basil, dan helichrysum) membantu meningkatkan kewaspadaan mental orang-orang yang kelelahan.

Hal lain yang juga dapat terobati dengan basil/kemangi ini ialah sakit kepala, ketidaknyaman pada perut, diare, flu biasa, kutil, infeksi parasite, gigitan ular dan serang, dan kondisi ginjal yang kurang baik. Selain itu, kemangi juga dapat digunakan untuk merangsang nafsu makan atau sebagai diuretik.

Wanita yang sedang menyusui dapat menggunakannya untuk merangsang laktasi. Beberapa wanita hamil juga menggunakannya sebelum dan sesudah melahirkan untuk meningkatkan sirkulasi darah. Bukti klinis ini memang kurang untuk mendukung keamanan dan kemanjuran penggunaan ini.

 

 

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan

Pada kebiasaannya kemangi digunakan dalam hidangan salad dan pasta, atau menggunakannya sebagai hiasan dalam hidangan makanan laut atau unggas. Untuk kali ini kemangi/basil ini digunakan dalam minuman yang segar.

Bahan-Bahan

  • Es
  • 4 buah stroberi, iris
  • 6 lembar daun kemangi, cincang kasar
  • 12 ons air soda bebas natrium

 

4 dari 4 halaman

Cara Pembuatan

  1. Siapkan gelas untuk membuatnya
  2. Tambahkan es ke gelas secukupnya
  3. Masukkan juga irisan stroberi dan kemangi/basil
  4. Terakhir, tambahkan air soda hingga memenuhi gelas dan aduk semuanya
  5. Es Air Soda Stroberi Kemangi siap dinikmati!

 

Jika Anda tidak menyukai stroberi dapat diganti dengan bluberry, balskberry, jeruk, apel, atau yang lainnya. Pastikan juga gunakan air soda yang tanpa rasa dan bebas natrium agar ramah nutiri dan baik untuk kesehatan. Dapat juga digunakan air mineral biasa, jika Anda menginginkannya.

Dalam minuman es ini terdapat 26 kalori, 4 gram karbohidrat, protein dan lemaknya pun tidak ada. Waktu pembuatan hanya memakan sekitar 5-10 menit, jadi sangat mudah untuk dijadikan menu berbuka puasa.

 

 

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.