Sukses

3 Alasan Serius Mengapa Anda Harus Berhenti Gunakan Smartphone di Malam Hari

Para ahli memperingatkan bahwa penggunaan smartphone pada malam hari dapat meningkatkan risiko setidaknya 3 masalah kesehatan berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini smartphone nampaknya telah menjadi benda yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan banyak individu setiap harinya. Kita semua menggunakan smartphone baik remaja, orang dewasa hingga orang tua.

Dengan adanya smartphone, hidup seolah jauh lebih mudah. Segala hal dapat kita lakukan menggunakan smartphone. Itu mengapa banyak dari kita yang tak bisa lepas dari smartphone bahkan menggunakannya sepanjang waktu.

Tapi tak banyak yang menyadari bahwa kita harus menghindari menggunakan smartphone di malam hari terutama sebelum tidur. Menurut para ahli, “blue light” atau cahaya biru yang dihasilkan smartphone telah dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan yang cukup serius.

“Cahaya biru adalah bagian dari spektrum cahaya penuh, yang berarti kita terpapar oleh matahari setiap hari. Namun, paparan cahaya itu pada malam hari, yang dipancarkan pada tingkat tinggi oleh ponsel cerdas, tablet, laptop, dan layar LED lainnya, dapat merusak penglihatan Anda. Ini juga menekan produksi hormon melatonin, yang membuang isyarat tidur alami tubuh Anda."

Dikutip dari Healthylifetricks, Selasa (20/4/2021), para ahli memperingatkan bahwa penggunaan smartphone pada malam hari dapat meningkatkan risiko setidaknya tiga masalah kesehatan berikut:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kerusakan Mata

Pertama-tama, Anda harus tahu bahwa paparan “cahaya biru” pada malam hari telah terbukti menyebabkan kerusakan pada retina dan degenerasi makula.

Degenerasi makula adalah hilangnya penglihatan sentral atau kemampuan untuk melihat apa yang ada di depan Anda. Risiko penyakit katarak juga dapat dikaitkan dengan paparan cahaya biru.

3 dari 4 halaman

2. Insomnia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, "cahaya biru" dapat mengganggu produksi melatonin. Melatonin sendiri merupakan hormon yang mengatur siklus tidur tubuh.

Tanpa siklus tidur yang diatur dengan baik, Anda tidak bisa mendapatkan waktu tidur yang Anda butuhkan. Kurang tidur atau siklus tidur yang buruk dikaitkan dengan sejumlah besar masalah kesehatan. Masalah kesehatan tersebut termasuk penyakit jantung, depresi, obesitas, kulit menua, hingga mudah pikun.

4 dari 4 halaman

3. Kanker

Tak hanya masalah mata dan kesehatan lain, penggunaan smartphone di malam hari juga dapat meningkatkan risiko penyakit kanker.

Melatonin yang ditekan oleh "cahaya biru" dari smartphone juga merupakan antioksidan dan telah terbukti penting cara alami tubuh melawan kanker. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.