Sukses

Bos Real Madrid, Juventus dan MU Jadi Pimpinan European Super League

Presiden Real Madrid, Florentino Perez, akan mengetuai European Super League atau Liga Super Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - European Super League atau Liga Super Eropa menjadi perbincangan hangat kalangan sepak bola sejagat, terutama usai pengumuman resmi pada Minggu 18 April 2021. Bagaimana format kompetisi, klub peserta, dan pengelolanya dibeberkan dalam keterangan resminya.

Rencananya, European Super League diikuti 20 klub terbaik di Eropa. Lima belas klub di antaranya bakal menjadi peserta tetap lantaran dianggap pendiri atau Founding Clubs. Sedangkan lima peserta lainnya tidak tetap dan dapat berganti setiap musim tergantung pencapaian di musim sebelumnya.

Kini, baru 12 klub yang dibeberkan sebagai pendiri. Terdiri dari AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur.

Tiga klub lain masih belum diungkap. Kendati demikian, ketiga klub itu diduga dari Jerman dan Prancis, yaitu Bayern Munchen, Paris Saint Germain, dan Borussia Dortmund.

European Super League akan dipimpin petinggi tiga klub ternama. Terdiri dari Real Madrid, Juventus, dan Manchester United.

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Florentino Perez

Adapun Presiden Real Madrid, Florentino Perez, dipastikan bertindak sebagai chairman atau ketua European Super League. Dengan bos Juventus Andrea Agnelli sebagai vice chairman atau wakil ketua bersama pemilik MU, Joel Glazer.

“Kami akan membantu sepak bola di setiap level dan membawanya ke tempat yang selayaknya di dunia," demikian keterangan tertulis Perez, dikutip Football Italia.

"Sepak bola adalah satu-satunya olahraga global di dunia dengan lebih dari empat miliar penggemar dan tanggung jawab kami sebagai klub besar adalah menanggapi keinginan mereka," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

UEFA Tegas Menolak

Namun, UEFA dengan tegas mengharamkan adanya European Super League. Klub-klub peserta bakal dilarang ikut kompetisi domestik di negara masing-masing.

Demi mencegah bergulirnya European Super League, UEFA juga menebar ancaman kepada para pemain agar tidak ikut-ikutan. Pemain yang berkompetisi di European Super League terancam tak bisa membela negaranya di ajang internasional seperti Piala Eropa dan Piala Dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga
    Real Madrid adalah klub besar sepak bola asal Spanyol yang bermain dalam La Liga

    Real Madrid

  • Liga Super Eropa merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    Liga Super Eropa

  • European Super League merupakan format liga baru yang digagas 12 klub top Eropa demi sepak bola yang lebih profesional

    European Super League

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Florentino Perez merupakan pebisnis asal Spanyol yang lebih dikenal luas karena menjabat sebagai presiden klub Real Madrid.

    Florentino Perez