Sukses

Insan Medika Tawarkan Solusi Merawat Lansia dan Orang Sakit di Rumah

Ini menjadi solusi memberikan perawatan dan perhatian bagi anggota keluarga yang sakit atau lansia

Liputan6.com, Jakarta Pernah Mendengar Istilah Home Care? Layanan perawatan di rumah yang kini sedang populer di masyarakat ini merupakan salah satu solusi yang banyak dicari orang khususnya penduduk perkotaan yang memiliki tuntutan pekerjaan sehingga kurang memiliki waktu untuk memberikan perawatan dan perhatian kepada anggota keluarga yang sakit atau yang sudah lanjut usia.

Layanan Home Care sendiri sudah banyak diaplikasikan di negara-negara maju seperti Singapura & Jepang. Namun kini layanan tersebut juga tengah populer di Indonesia, salah satunya adalah Insan Medika sebagai pelopor layanan home care digital di Indonesia.

Layanan home care yang  berdiri dan beroperasi sejak tahun 2013 ini telah melayani hampir 10.000 pasien di kota besar seluruh Indonesia dan juga memiliki banyak penghargaan skala nasional maupun Internasional, salah satunya adalah penghargaan "The Most Outstanding Home Healthcare Service" pada tahun 2016 di London, UK. Pada tahun 2017 Founder Insan Medika, Try Wibowo juga terpilih dalam jajaran 30 Under 30 Forbes Asia.

Insan Medika sendiri fokus pada layanan live-in atau perawatan pasien selama 24 jam stand by di rumah. Adapun sebagian besar yang dirawat adalah orang tua atau lansia dengan alzheimer dan dementia serta pasien degeneratif lainnya.

Menurut Try Wibowo, Alih-alih menitipkan orang tua mereka di panti Jompo, orang lebih suka mencari perawat yang bisa menemani dan merawat orang tua 24 jam di rumah sendiri karena dengan tinggal di rumah sendiri mereka akan merasa lebih dekat dengan keluarga.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Menurut data Survei Sensus Ekonomi Nasional BPS pada bulan Maret 2020, persentase penduduk lansia mencapai 9,78%. Naik dibandingkan dengan tahun 2010 yang sebesar 7,59% berarti permintaan akan layanan home care akan terus meningkat kedepannya.

Selain layanan home care untuk Lansia, Insan Medika juga memiliki layanan untuk merawat orang sakit atau pasien pasca sakit di rumah atau selama perawatan di RS. Semuanya tinggal 24 jam jadi perawat bisa mengawasi pasien dengan maksimal.

Untuk biaya, Insan Medika mematok tarif bulanan mulai 4 juta per bulan untuk pasien lansia tanpa sakit, 5 juta per bulan untuk pasien dengan kondisi sakit/ pasca sakit serta 6 juta untuk pasien paliatif atau yang menggunakan bantuan alat medis. Adapun untuk biaya admin pengambilan menyesuaikan dengan lama kontrak, biasanya pengguna jasa ambil perawat selama 1 bulan, 3 bulan atau 6 bulan dan bisa diperpanjang. Selain itu, Insan Medika juga menyediakan layanan harian atau infal.

Untuk SDM sendiri Insan Medika merekrut perawat atau caregiver dengan latar belakang pendidikan kesehatan seperti SMK Kesehatan hingga Diploma atau Sarjana Keperawatan baik yang telah memiliki STR maupun belum memiliki STR.

 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Namun kini Insan Medika juga membuka kursus dan pelatihan caregiver yang ditujukan untuk semua lulusan SMA sederajat untuk disalurkan kerja menjadi caregiver atau perawat lansia dengan durasi pelatihan 1 bulan penuh di asrama. Namun lulusan kursus pelatihan ini hanya ditempatkan untuk merawat lansia tidak sakit.

Untuk lansia atau pasien yang sakit Insan Medika tetap merekrut caregiver atau perawat lulusan sekolah SMK kesehatan dan Diploma perawat. Selama pandemi ini Try menjelaskan jika permintaan perawat home care terbilang relatif masih banyak khususnya pada saat menjelang lebaran nanti. Salah satu strategi Insan Medika dalam menarik konsumen adalah dengan memberikan garansi penukaran perawat tanpa ada batas waktu.

Untuk mendapat layanan ini, calon pengguna jasa bisa langsung akses ke website Insan Medika dan menghubungi via telepon, lalu memilih perawat sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, pengguna jasa akan dihubungi untuk bisa langsung wawancara dengan calon perawat menggunakan video call tanpa harus datang ke kantor. Seluruh Perawat Insan Medika sendiri sudah menjalani cek kesehatan seperti rapid test atau test antigen sebelum disalurkan ke pengguna jasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.