Sukses

Kerap Dianggap Remeh, Ini 6 Bahaya Suka Mengupil Bagi Kesehatan

Berikut ini beberapa bahaya dari mengupil yang kerap tidak disadari

Liputan6.com, Jakarta Seseorang mengupil biasanya karena bosan, atau gugup, atau hanya kebiasaan. Entah Anda mau mengakuinya atau tidak, kebanyakan orang pernah mengupil setidaknya sekali.

Sebagian besar orang tahu bahwa kebiasaan ini adalah hal yang tidak senonoh untuk dilakukan di depan umum. Namun, itu bukan satu-satunya hal buruk tentang kebiasaan ini.

Siapa sangka, mengupil ternyata juga bisa mengancam kesehatan Anda. Berikut ini pemaparannya seperti dilansir dari Brightside.me.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Dapat menyebabkan infeksi

Kuku Anda, terutama jika itu panjang atau jika Anda mengupil dengan kasar, dapat memotong jaringan di hidung Anda. Ini dapat menyebabkan bakteri berkumpul di sana dan menyebabkan infeksi.

Menurut sebuah penelitian, orang yang mencongkel, menyodok, atau menggosok hidung berisiko menyebarkan bakteri penyebab pneumonia. Itu menyebar tidak peduli apakah itu kering atau basah, dan kebersihan tangan yang baik sangat penting jika Anda ingin melindungi diri sendiri dan orang lain dari ini.

 

3 dari 5 halaman

2. Dapat merusak rongga hidung

Jika Anda sering mengorek hidung dalam jangka waktu lama, Anda berisiko merusak jaringan hidung. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang suka mengorek hidung dapat mengalami peradangan dan pembengkakan pada jaringan hidung, yang pada akhirnya dapat mempersempit lubang hidung.

3. Dapat menyebarkan penyakit

Lendir di hidung Anda berfungsi menangkap semua jenis bakteri dan virus yang Anda hirup. Saat Anda mengorek hidung, semuanya menyebar ke seluruh tangan Anda. Ini berarti dapat menyebabkan penyebaran bakteri dari hidung dan tangan Anda.

 

4 dari 5 halaman

4. Dapat menyebabkan mimisan

Mengupil dapat merusak pembuluh darah di dalam hidung dan menyebabkan mimisan.

5. Dapat menyebabkan luka

Mengupas hidung dapat menyebabkan vestibulitis hidung, yang dapat menimbulkan keropeng yang menyakitkan. Tidak hanya itu, saat mengupil, Anda bisa mencabut bulu hidung kecil dari folikelnya, dan jerawat kecil bisa terbentuk di dalamnya.

 

5 dari 5 halaman

6. Dapat menyebabkan kerusakan septum

Septum adalah penghalang antara 2 lubang hidung, yang membaginya. Sering mengorek hidung dapat merusak septum dan bahkan menyebabkan lubang di dalamnya, yang juga dikenal sebagai septum berlubang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.