Sukses

5 Cara Efektif Atasi Masalah Jerawat dengan Air Mawar

Salah satu bahan alami yang mampu efektif untuk mengatasi jerawat yakni air mawar.

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang lumrah dialami individu. Kemunculan jerawat di wajah tentu sangat mengganggu, bahkan bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajah Anda.

Salah satu bahan alami yang mampu efektif untuk mengatasi jerawat yakni air mawar. Air mawar biasanya digunakan untuk mengecangkan atau membersihkan wajah. Namun nyatanya, air mawar menjadi obat yang efektif untuk berbagai masalah kulit, terutama jerawat.

Air mawar tidak hanya membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengobati jerawat, tapi juga membuat kulit Anda bercahaya.

Nah, penasaran bagaimana cara mengaplikasikan air mawar untuk mengatasi masalah jerawat di kulit wajah Anda? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (14/4/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Air Mawar

Hanya dengan air mawar nyatanya sudah cukup untuk mengatasi masalah jerawat. Yang Anda butuhkan hanya air mawar dan botol semprot kecil. Lalu isi botol dengan air mawah.

Selanjutnya, cuci wajah Anda menggunakan pembersih wajah dan keringkan. Biarkan selama 20-30 detik, lalu lap wajah Anda dengan tisu. Lanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah

Untuk hasil yang diinginkan, gunakan semprotan air mawar ini setiap hari hingga ada perubahan.

3 dari 6 halaman

2. Air Mawar dan Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dikenal karena sifat antibakteri dan antiradangnya, yang keduanya membantu mencegah jerawat serta membuat kulit Anda bersih dan sehat.

Yang Anda butuhkan 1/2 cangkir air mawar, 2 sdt cuka sari apel dan kapas.

Cara menggunakannya, pertama-tama cuci muka dengan pembersih dan keringkan. Lalu encerkan cuka sari apel dengan menambahkannya ke dalam cangkir berisi air mawar.

Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke wajah Anda. Biarkan hingga benar-benar kering. Lalu lapisi wajah Anda dnegan pelembab.

Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini dua kali seminggu sampai jerawat mereda.

4 dari 6 halaman

3. Air Mawar dan Lemon

Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan kuat, yang terbukti efektif sebagai obat jerawat. Lemon juga merupakan agen pencerah kulit yang luar biasa, juga membantu mengurangi bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Selain untuk mengatasi masalah jerawat, campuran ini juga membuat kulit wajah Anda bersih dan cerah.

Yang Anda butuhkan, 1 sdt air mawar, 1 sdt perasan lemon dan kapas. Cara menggunakannya, pertama-tama cuci wajah dengan pembersih lalu keringkan.

Kemudian campur perasan lemon dan air mawar dalam mangkuk. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran ini ke wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum membasuh wajah dengan air.

Gunakan campuran ini 1-2 kali seminggu sampai kulit Anda pulih dari jerawat.

5 dari 6 halaman

4. Air Mawar dan Soda Kue

Soda kue memiliki khasiat antibakteri yang luar biasa yang bisa mencegah bakteri berbahaya dan mencegah jerawat.

Kombinasi air mawar dan soda kue mampu membersihkan jerawat dan membuat kulit Anda segar kembali. Namun, campuran ini tidak disarankan untuk individu dengan kulit sensitif.

Yang Anda butuhkan, 2 sdt soda kue dan 2 sdt air mawar. Cara menggunakannya, pertama-tama cuci wajah Anda dengan pembersih dan keringkan. Lalu campurkan soda kue dan air mawar dalam mangkuk hingga menjadi pasta.

Kemudian, oleskan pasta ke wajah Anda dan pijat wajah Anda dengan gerakan memuta sekitar satu menit. Segera basuh wajah Anda dengan air.

Untuk hasil maksimal, gunakan pasta ini 1-2 kali seminggu.

6 dari 6 halaman

5. Air Mawar dan Jahe

Jahe adalah harta karun antioksidan yang melawan radikal bebas untuk menjaga kuliat Anda selalu cantik.

Bahan antibakteri ini bisa membersihkan racun dari kulit kita dan meningkatkan sirkulasi darah untuk menghilangkan jerawat dan memperbaiki penampilan kulit wajah.

Yang Anda butuhkan, 1 sdt jus jahe, 1 sdm air mawar dan kapas. Untuk menggunakannya, campur jus jahe dan air mawar dalam mangkuk. Lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikannya di wajah Anda atau area yang berjerawat.

Biarkan sampai mengering, lalu cuci bersih dengan menggunakan air. Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini 1-2 kali dalam seminggu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.