5 Cara Efektif Atasi Masalah Jerawat dengan Air Mawar

Oleh Yulia Lisnawati pada 14 Apr 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 14 Apr 2021, 19:00 WIB
Mengatasi Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/Laluna

Liputan6.com, Jakarta - Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang lumrah dialami individu. Kemunculan jerawat di wajah tentu sangat mengganggu, bahkan bisa mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Ketimbang mencoba obat-obatan kimiawi, alangkah baiknya mencoba bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat di wajah Anda.

Salah satu bahan alami yang mampu efektif untuk mengatasi jerawat yakni air mawar. Air mawar biasanya digunakan untuk mengecangkan atau membersihkan wajah. Namun nyatanya, air mawar menjadi obat yang efektif untuk berbagai masalah kulit, terutama jerawat.

Air mawar tidak hanya membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengobati jerawat, tapi juga membuat kulit Anda bercahaya.

Nah, penasaran bagaimana cara mengaplikasikan air mawar untuk mengatasi masalah jerawat di kulit wajah Anda? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Rabu (14/4/2021).

 

2 dari 7 halaman

1. Air Mawar

[Fimela] Air Mawar
Perbesar
Ilustrasi Air Mawar | unsplash.com

Hanya dengan air mawar nyatanya sudah cukup untuk mengatasi masalah jerawat. Yang Anda butuhkan hanya air mawar dan botol semprot kecil. Lalu isi botol dengan air mawah.

Selanjutnya, cuci wajah Anda menggunakan pembersih wajah dan keringkan. Biarkan selama 20-30 detik, lalu lap wajah Anda dengan tisu. Lanjutkan dengan menggunakan pelembab wajah

Untuk hasil yang diinginkan, gunakan semprotan air mawar ini setiap hari hingga ada perubahan.

3 dari 7 halaman

2. Air Mawar dan Cuka Sari Apel

cuka apel
Perbesar
ilustrasi cuka apel/copyright Rawpixel

Cuka sari apel dikenal karena sifat antibakteri dan antiradangnya, yang keduanya membantu mencegah jerawat serta membuat kulit Anda bersih dan sehat.

Yang Anda butuhkan 1/2 cangkir air mawar, 2 sdt cuka sari apel dan kapas.

Cara menggunakannya, pertama-tama cuci muka dengan pembersih dan keringkan. Lalu encerkan cuka sari apel dengan menambahkannya ke dalam cangkir berisi air mawar.

Kemudian, gunakan kapas untuk mengoleskan campuran tersebut ke wajah Anda. Biarkan hingga benar-benar kering. Lalu lapisi wajah Anda dnegan pelembab.

Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini dua kali seminggu sampai jerawat mereda.

4 dari 7 halaman

3. Air Mawar dan Lemon

ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay
Perbesar
ilustrasi jus lemon untuk menjaga sistem imun tubuh/pixabay

Lemon kaya akan vitamin C, antioksidan kuat, yang terbukti efektif sebagai obat jerawat. Lemon juga merupakan agen pencerah kulit yang luar biasa, juga membantu mengurangi bekas luka yang disebabkan oleh jerawat.

Selain untuk mengatasi masalah jerawat, campuran ini juga membuat kulit wajah Anda bersih dan cerah.

Yang Anda butuhkan, 1 sdt air mawar, 1 sdt perasan lemon dan kapas. Cara menggunakannya, pertama-tama cuci wajah dengan pembersih lalu keringkan.

Kemudian campur perasan lemon dan air mawar dalam mangkuk. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran ini ke wajah Anda. Biarkan selama 15 menit sebelum membasuh wajah dengan air.

Gunakan campuran ini 1-2 kali seminggu sampai kulit Anda pulih dari jerawat.

5 dari 7 halaman

4. Air Mawar dan Soda Kue

Batik
Perbesar
Soda kue. Sumber : beautylab.nl.

Soda kue memiliki khasiat antibakteri yang luar biasa yang bisa mencegah bakteri berbahaya dan mencegah jerawat.

Kombinasi air mawar dan soda kue mampu membersihkan jerawat dan membuat kulit Anda segar kembali. Namun, campuran ini tidak disarankan untuk individu dengan kulit sensitif.

Yang Anda butuhkan, 2 sdt soda kue dan 2 sdt air mawar. Cara menggunakannya, pertama-tama cuci wajah Anda dengan pembersih dan keringkan. Lalu campurkan soda kue dan air mawar dalam mangkuk hingga menjadi pasta.

Kemudian, oleskan pasta ke wajah Anda dan pijat wajah Anda dengan gerakan memuta sekitar satu menit. Segera basuh wajah Anda dengan air.

Untuk hasil maksimal, gunakan pasta ini 1-2 kali seminggu.

6 dari 7 halaman

5. Air Mawar dan Jahe

Selain menjadi bumbu dapur, jahe pun punya khasiat lain untuk kecantikan
Perbesar
Ilustrasi jahe. (pixabay.com/Couleur).

Jahe adalah harta karun antioksidan yang melawan radikal bebas untuk menjaga kuliat Anda selalu cantik.

Bahan antibakteri ini bisa membersihkan racun dari kulit kita dan meningkatkan sirkulasi darah untuk menghilangkan jerawat dan memperbaiki penampilan kulit wajah.

Yang Anda butuhkan, 1 sdt jus jahe, 1 sdm air mawar dan kapas. Untuk menggunakannya, campur jus jahe dan air mawar dalam mangkuk. Lalu gunakan kapas untuk mengaplikasikannya di wajah Anda atau area yang berjerawat.

Biarkan sampai mengering, lalu cuci bersih dengan menggunakan air. Untuk hasil maksimal, gunakan campuran ini 1-2 kali dalam seminggu.

 

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓