Sering Kesiangan, Ini 4 Cara Mengatasi Susah Bangun Sahur

Oleh Ulya Kaltsum pada 15 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 09:00 WIB
ilustrasi tidur cepat menaikkanberat badan/pexels
Perbesar
ilustrasi tidur cepat menaikkanberat badan/pexels

Liputan6.com, Jakarta - Sahur merupakan waktu persiapan bagi umat muslim untuk makan dan minum sebelum menjalani ibadah puasa. Di Indonesia sendiri, setiap daerah memiliki waktu sahur yang berbeda-beda. Namun, waktu sahur yang tepat menurut medis adalah pukul 3 pagi.

Selain itu, Rasulullah SAW mengatakan bahwa waktu sahur yang tepat adalah di sepertiga malam terakhir ketika mendekati waktu subuh.

Namun, tak sedikit individu yang menganggap bangun sahur adalah hal yang berat. Apalagi bagi mereka yang sehari-harinya tak terbiasa bangun pagi atau sering begadang.

Hal tersebut akhirnya membuat sebagian individu melewatkan santap sahur karena kesulitan bangun. Sayangnya, hal tersebut justru membuat tubuh lemas karena tak memiliki cadangan energi lebih untuk beraktivitas.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima cara mudah bangun sahur yang dapat kita terapkan agar tak kesiangan.

2 dari 6 halaman

1. Tidur lebih awal

Ilustrasi/copyrightshutterstock/GP Studio
Perbesar
tidur nyenyak di malam hari

Cara pertama yang dapat dilakukan agar mudah bangun sahur adalah tidur lebih awal. Bagi sebagian individu, tidur lebih awal bukanlah hal yang mudah.

Namun, usahakan untuk tidur lebih cepat dalam satu hari dan lakukan hal tersebut pada hari-hari berikutnya agar lebih mudah untuk bangun sahur.

Pasalnya, jika Anda baru saja tidur jam 1 pagi dan bangun jam 3 pagi, hal itu hanya akan membuat tubuh kelelahan. Sebaiknya, Anda mulai tidur jam 9 atau 10 malam agar bisa bangun sahur jam tiga pagi.

3 dari 6 halaman

2. Hindari minuman berkafein sebelum tidur

kopi
Perbesar
Fore Coffee menghadirkan ragam minuman kopi kekinian. Harganya lebih hemat dengan cashback ShopeePay. | pexels.com/@chevanon

Minum kopi atau teh di malam hari selama Ramadhan memang cukup menggoda setelah seharian berpuasa. Sebagian individu bahkan menganggap kopi tidak akan memengaruhi tubuhnya sama sekali.

Kenyataannya, meminum kopi saat malam hari justru membuat Anda gelisah sehingga tidur menjadi tak berkualitas.

Sebaiknya, hindari minuman berkafein selama puasa Ramadhan agar tak kesiangan saat bangun sahur.

4 dari 6 halaman

3. Makan secukupnya saat buka puasa

Ilustrasi makanan sehat
Perbesar
Ilustrasi makanan sehat (Dok.Unsplash)

Banyak individu yang "balas dendam" saat buka puasa dengan menyantap berbagai jenis makanan. Padahal, mengonsumsi makan berlebih dapat mengganggu kualitas tidur, lho.

Sebaiknya, makan seimbang dan konsumsi makanan rendah karbohidrat agar lebih mudah tertidur. Selain itu, cukup minum air putih setelah makan hingga waktu tidur tiba.

Anda bisa makan sedikit lebih banyak saat waktu sahur agar memiliki energi untuk beraktivitas.

5 dari 6 halaman

4. Olahraga teratur

Brand Ternama Ini Luncurkan Hijab Olahraga untuk Atlet Muslim
Perbesar
"Nike Pro Hijab" luncuran hijab olahraga untuk atlet muslim perempuan. (via: Boredpanda)

Berolahraga adalah cara terbaik bagi tubuh untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak. Bahkan berjalan cepat sebelum atau sesudah buka puasa dapat meningkatkan energi dan memungkinkan tidur lebih cepat. Berolahragalah tepat sebelum buka atau sekitar jam 9 malam.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓