Sukses

5 Hal yang Akan Terjadi Jika Anda Tidur Tanpa Menggunakan Bantal

Berikut deretan hal yang akan terjadi pada kulit jika Anda tidur tanpa menggunakan bantal.

Liputan6.com, Jakarta Ketika tidur, sebagian besar orang telah terbiasa menggunakan bantal. Bantal bahkan telah menjadi salah satu benda yang wajib ada di tempat tidur.

Dengan menggunakan bantal, orang merasa akan tidur lebih nyenyak. Namun tak banyak yang menyadari bahwa tidur menggunakan bantal akan memberikan beragam manfaat.

Memilih untuk tidur tanpa bantal mungkin tampak tidak nyaman pada awalnya, tetapi dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam banyak hal. Dan bukan hanya sakit punggung yang bisa hilang. Bahkan, Anda mungkin bangun dengan penampilan yang lebih segar.

Tidur tanpa bantal mungkin menjadi rahasia untuk bangun di pagi hari dengan kulit yang lebih bersih dan lebih muda. Dikutip dari Brightside, berikut deretan hal yang akan terjadi pada kulit jika Anda tidur tanpa menggunakan bantal.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mengurangi Kerutan

Bukan hanya kurang tidur yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua, ternyata sarung bantal Anda juga bisa membuat Anda semakin tua. Kebanyakan sarung bantal terbuat dari katun, dan meskipun mungkin terasa nyaman, bahan ini menyebabkan gesekan pada kulit yang menyebabkannya kering.

Kulit yang kekurangan kelembapan lebih rentan terhadap garis-garis halus, dan kekeringan membuat semua kerutan yang ada lebih terlihat juga. Tidur tanpa bantal membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, tetapi akan bermanfaat bagi kulit Anda dalam jangka panjang.

3 dari 6 halaman

2. Kulit Akan Terlihat Lebih Halus

Tubuh Anda perlu terhidrasi untuk merasakan yang terbaik, begitu juga kulit Anda. Sarung bantal berbahan katun menghilangkan kelembapan dan minyak esensial yang dibutuhkan kulit agar tetap awet muda dan kenyal. Itu mengapa tidur tanpa bantal dapat membuat kulit terlihat lebih halus.

4 dari 6 halaman

3. Mencegah Iritasi pada Kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan rentan berjerawat, tidur di atas sarung bantal katun mungkin bukan pilihan terbaik. Kapas terlalu kasar pada kulit, dan gesekan darinya dapat mengiritasi kulit halus, memperburuk kondisi kulit yang ada. Karena bantal dapat dengan mudah menjadi tempat berkembang biaknya bakteri, tidur dengan wajah menempel di bantal dapat menyebabkan lebih banyak jerawat.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Kulit Anda Pulih Lebih Cepat

Saat Anda tidur, seluruh tubuh Anda masuk ke mode pemulihan, dan inilah saatnya kulit Anda memperbaiki dirinya sendiri. Bantal Anda menumpuk minyak dan residu riasan dari wajah Anda malam demi malam.

6 dari 6 halaman

5. Dapat Mencerahkan Kulit

Tidur di atas bantal yang terlalu empuk bisa mengurangi aliran darah ke kepala. Ini bisa menyebabkan sakit leher, sakit kepala, dan bisa membuat kulit Anda tampak kering dan kusam. Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan berbagai masalah kulit, termasuk perubahan warna, ruam, dan kulit mengelupas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.