Sukses

Minum Kopi Buat Badanmu Terasa Capek, Ini Sebabnya

Berikut alasan kandungan kafein dalam kopi dapat membuat Anda kelelahan.

Liputan6.com, Jakarta Kafein dikenal dan dipercaya khasiatnya untuk mencegah serangan kantuk saat Anda berada di tengah kesibukan. Namun, jika efek tak berjalan semestinya, tentu akan menimbulkan pertanyaan di benak Anda.

Mengapa konsumsi kafein membuatku lelah? Faktanya efek samping menimbulkan kontrakdiktif secara khusus bagi pemuja kafein. 

Tidak hanya kopi, rupanya berbagai jenis teh dan cokelat juga termasuk dalam sumber kafein yang bisa Anda nikmati. Yang jadi perhatian, cara Anda mengonsumsi kafein mengundang para ahli menjelaskan alasan kafein bisa membuat Anda merasa kelelahan.

Penasaran? Begini penjelasannya yang dilansir dari Bustle.com

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memblokir Adenosin

Adenosin bisa ditemui dalam tubuh yang bertugas sebagai pengatur ritme kapan Anda tertidur dan terbangun. 

Puncaknya adenosin di waktu siang hari yang membuat Anda terjaga, sementara saat tidur kandungan itu akan menurun. Kondisi ini mengalami perubahan usai Anda konsumsi kafein berlebihan akan memblokir dan memaksa reseptor adenosin di otak pada level tetap tinggi. 

Tetapi jika efek kafein menghilang, reseptor adenosin terbuka untuk mengisi semua adenosin yang terakumulasi tadi untuk membuat kita beristirahat alias tertidur. 

3 dari 4 halaman

Gula yang Ditambahkan Menguras Energi Anda

Kadang kala efek lelah bukan berasal dari kafein, melainkan dari kandungan gula yang ditambahkan ke dalam minuman berkafein.

Keberadaan gula menjadi masalah bagi Anda karena menyebabkan lonjakan kadar insulin di dalam tubuh. Kerja insulin yang menurunkan gula darah dalam tubuh Anda bisa membuat kelelahan. Karena kerja insulin terus dipacu. 

Cara mengatasinya, Anda bisa seimbangkan dengan camilan kaya protein seperti kacang-kacangan dan telur. 

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Tingkat Hormon Stres

Kortisol, hormon stres dapat meningkat ketika kafein Anda melampaui batas normal. Kelebihan kortisol memicu efek samping yang merugikan seperti, pusing, sulit tidur, dan kelelahan.

Diperparah ketika Anda sudah memilik kadar kortisol yang tinggi, situasi ini akan menyebabkan stres lain yang membuat Anda akan semakin lesu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.