Sukses

Wajib Tahu, Ini Manfaat Berpuasa Bagi Kesehatan Tubuh

Rupanya tak hanya baik secara rohani, puasa pun memberikan begitu banyak manfaat bagi jasmani.

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan telah tiba. Seluruh umat muslim di dunia menjalankan sebuah ibadah yang wajib dilakukan di bulan Ramadan, yaitu berpuasa. Rupanya tak hanya baik secara rohani, puasa pun memberikan begitu banyak manfaat bagi jasmani.

Orang Yunani kuno merekomendasikan puasa untuk menyembuhkan tubuh, dan tak sedikit ilmuwan yang menganjurkan puasa yang dimodifikasi guna memberikan manfaat mental serta fisik.

Para ahli juga menemukan bahwa membatasi asupan makanan di siang hari dapat membantu mencegah masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, penyakit jantung dan obesitas, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Membuang Racun pada Tubuh

Dengan tidak mengkonsumsi makanan apa pun, tubuh kita dapat berkonsentrasi untuk membuang racun, saat kita mengistirahatkan sistem pencernaan.

Ahli gizi Claire Mahy mengatakan kepada Al Jazeera, “Puasa memungkinkan usus untuk membersihkan dan memperkuat lapisannya. Ini juga dapat merangsang proses yang disebut autophagy, yaitu saat sel membersihkan diri dan menghilangkan partikel yang rusak dan berbahaya."

3 dari 3 halaman

Melindungi Sel Otak dan Menghilangkan Lemak

Para ilmuwan juga telah mempelajari hubungan antara diet, kesehatan usus dan kesejahteraan mental dan, seperti yang dijelaskan Mosley, puasa dapat menyebabkan pelepasan BDNF (faktor neurotropik yang diturunkan dari otak) di otak.

"Ini telah terbukti melindungi sel-sel otak dan dapat mengurangi depresi dan kecemasan, serta risiko pengembangan demensia," tambah Mosley.

Banyak orang yang telah berpuasa juga menemukan bahwa jika dilakukan dengan benar, hal itu telah membantu mereka menghilangkan lemak dan mendapatkan massa otot tanpa lemak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.