Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat dari Menangis

Berikut deretan manfaat dari menangis yang tak banyak orang ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Menangis merupakan hal yang tentunya pernah dilakukan oleh semua orang. Baik wanita maupun pria, orang tua maupun muda tentu pernah menangis. Menangis menjadi salah satu cara seseorang untuk menuangkan ekspresi dan perasaan mereka.

 

Tak hanya ketika sedih, banyak pula orang yang menangis ketika bahagia dan itu merupakan hal yang wajar.

Dibalik bentuk emosi tersebut rupanya menangis memberikan berbagai manfaat untuk tubuh loh. Hal ini nampaknya belum banyak yang tahu ya, oleh karena itu ada baiknya Anda mengetahui deretan manfaat dari menangis yang dikutip dari Brightside berikut ini:

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dapat Meningkatkan Penglihatan

Saat kita tidak sempat minum cukup air, biasanya kita akan merasa haus dan mungkin sedikit dehidrasi. Hal tersebut juga terjadi pada mata kita. Mata juga harus tetap terhidrasi dan mendapatkan air. Jadi, saat kita menangis, kita sebenarnya membantu mata kita kembali terhidrasi dan ini dapat meningkatkan fokus kita dan meningkatkan fungsi penglihatan.

Selain itu, setiap hari, mata kita terpapar banyak debu dan kotoran yang semuanya dapat dengan mudah mengiritasi mata. Faktanya, hal itu berpotensi membahayakan dan bahkan memperburuk penglihatan kita.

Menangis akan membantu membersihkannya dan menghilangkan iritasi, tetapi bagian terbaiknya adalah air mata mengandung lisozim. Ini adalah bahan kimia anti bakteri yang membantu mata melawan infeksi.

3 dari 6 halaman

2. Menangis Dapat Membersihkan Hidung

Saluran air mata kita terhubung dengan bagian dalam hidung kita. Inilah sebabnya hidung kita mengeluarkan cairan saat kita menangis. Ini membersihkan iritasi dan bakteri dari hidung kita, seperti halnya dengan mata kita.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Anda Pulih secara Emosional

Menangis tidak hanya terjadi saat kita merasa sedih. Beberapa orang bahkan menangis saat stres, takut, atau sangat bahagia. Para peneliti percaya bahwa menangis dengan cara yang berbeda-beda ini dapat membantu kita memulihkan keseimbangan emosi kita. Saat kita menangis karena sangat takut atau bahagia, itu adalah cara bagi tubuh untuk pulih dari emosi yang kuat.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Anda Tertidur Lebih Cepat

Kita cenderung merasa lebih baik secara umum setelah menangis. Hal ini karena menangis menghilangkan hormon dan racun tubuh kita, hal itu menurunkan tingkat stres. Ini membantu kita mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan menurunkan kemungkinan bertambahnya berat badan. Selain itu, karena stres kita akan berkurang, tekanan darah kita juga bisa menurun dan membantu kita lebih cepat tertidur.

6 dari 6 halaman

5. Menangis Bisa Membantu Anda Meredakan Nyeri

Selain menenangkan diri, menangis membantu melepaskan endorfin dan oksitosin. Ini adalah bahan kimia yang sama yang membuat orang merasa baik, yang dapat membantu seseorang menahan rasa sakit emosional dan fisik. Itulah mengapa meneteskan air mata sebenarnya dapat meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi rasa sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.