Sukses

6 Manfaat Lingonberry untuk Kesehatan, Bantu Turunkan Berat Badan

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat dari lingonberry? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Lingonberry menjadi salah satu jenis beri yang kurang familiar di Indonesia. Buah mungil asal Swedia ini memiliki kombinasi rasa asam, manis dan pahit.

Buah bewarna merah ini mengandung mikronutrien makanan penting dan senyawa bioaktif seperti polifenol, vitamin dan mineral.

Vitamin utama dalam buah beri ini adalah vitamin A, C, B1, B2 dan B3. Sedangkan mineralnya meliputi kalsium, fosfor, zat besi, seng, magnesium dan mangan.

Kandungan yang ada dalam lingonberry tersebut berkontribusi untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Nah, penasaran apa saja manfaat kesehatan yang didapat dari lingonberry? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsy, Kamis (8/4/2021).

1. Menurunkan Berat Badan

 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lingonberry memiliki efek yang menjajikan untuk menurunkan berat badan. 

Mengkonsumsi buah beri ini bisa mencegah penambahan berat badan karena diet tinggi lemak. Selain itu, juga bisa meningkatkan fungsi metabolisme dan fisiologis tubuh dan mengurangi jumlah lemak di jaringan adiposa, sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Tingkatkan Imunitas

Kesehatan usus sangat penting dalam menjaga sistem kekebalan dan metabolisme seluruh tubuh. Asupan lingonberry dikaitkan dengan peningkatan microbiota usus atau kesehatan gastrointestinal karena aktivitas antioksidan dan anti-inflamasi buah tersebut.

3 dari 6 halaman

3. Menurunkan Kolesterol

Diet tinggi lemak bisa meningkatkan kadar kolesterol darah dan menyebabkan penambahan lemak tubuh.

Untuk itu, lingonberry bisa membantu menurunkan kadar kolesterol yang disebabkan oleh diet tinggi lemak dan menurunkan risiko obesitas.

4 dari 6 halaman

4. Mengurangi Peradangan

Peradangan menjadi penyebab berbagai penyakit kronis seperti obesitas dan diabetes. Diet lingonberry telah menunjukkan perbaikan peradangan tingkat rendah dan gangguan terkait peradangan.

5 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Penglihatan

Stres oksidatif adalah penyebab banyak masalah, termasuk penglihatan yang buruk atau kerusakan sel retina. 

Lingonberry dikemas dengan antioksidan seperti antosianin dan flavonoid. Senyeawa bioaktif ini bisa membantu melindungi sel retinal dari kerusakan akibat radikal bebas dan memperbaiki penglihatan.

6 dari 6 halaman

6. Baik untuk Pencernaan

Lingonberry mengubah komposisi mikroba usus dan memperbaiki sistem pencernaan tubuh. Sejumlah besar vitamin dan mineral dalam buah ini juga bisa membantu memperbaiki masalah terkait perut seperti pencernaan yang buruk, perut kembung dan sembelit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.