Sukses

Jarang Diketahui, 4 Alasan Mengapa Anda Tak Perlu Mandi Pakai Sabun

Siapa sangka, mandi tanpa sabun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Saat mandi, biasanya kita menggunakan sabun untuk membersihkan seluruh kotoran dan bakteri yang menempel di kulit. Sabun menjadi benda wajib yang selalu ada untuk membersihkan tubuh. Selain itu, sabun juga membuat tubuh wangi karena aromanya.

Namun, tahukah Anda kalau mandi tanpa sabun juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kulit? Meski terdengar jorok atau terkesan tidak bersih, mandi tanpa sabun dapat membuat kulit terasa lebih sehat.

Nah, penasaran apa yang terjadi jika mandi tanpa sabun? Berikut beberapa manfaat mandi tanpa sabun yang jarang diketahui dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/4/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kulit Lebih Sehat

Mandi hanya dengan air akan menyeimbangkan lapisan pelindung kulit Anda. Meskipun sabun secara efektif dapat menghilangkan kotoran dari tubuh, sabun juga mampu menghilangkan minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit.

Selain itu, menggunakan sabun secara teratur juga dapat mengganggu keseimbangan pH kulit sehingga membuat kering dan iritasi.

3 dari 5 halaman

2. Mengurangi Bau Badan

Meskipun mandi menggunakan sabun dapat membuat tubuh terasa segar dan wangi dalam jangka pendek, hal itu dapat membuat kulit lebih rentan terhadap bakteri.

Kandungan keras dalam sabun bisa mengganggu keseimbangan antara minyak kulit dan bakteri yang ada di kulit tubuh kita. Hal itu menyebabkan kulit memproduksi lebih banyak minyak dan bakteri.

Sabun antibakteri juga berbahaya karena bisa membunuh mikroba jahat sekaligus mikroba baik.

4 dari 5 halaman

3. Menjaga kesehatan bagian intim

Menggunakan sabun secara teratur saat mandi dapat mengeringkan area genital yang dapat berisiko lebih buruk. Sebaiknya, gunakan air hangat untuk membersihkan area pribadi dan menghilangkan bau.

5 dari 5 halaman

4. Memperlambat Kerutan

Meskipun bahan yang terkandung dalam sabun bertujuan untuk membuat kulit bersih dan segar, yang terjadi justru sebaliknya. Faktanya, bahan-bahan tersebut dapat merusak mantel asam kulit dan menyebabkan munculnya masalah kulit. Mulai dari jerawat hingga dermatitis.

Selain itu, sabun juga dapat membuat kulit kering sehingga mudah keriput.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.