Sukses

Bermodalkan Lemari Es, Pasangan Ini Buat Perpustakaan Gratis untuk Anak-Anak

Aksi yang dilakukan pasangan itu mulai menjadi perhatian publik setelah dibagikan di jejaring sosial Facebook.

Liputan6.com, India - Pasangan di Kolkata, India, melakukan hal yang sangat inspriatif untuk dapat mengedukasi banyak individu dengan membuat perpusatakaan gratis bermodalkan lemari es bekas.

Perpustakaan sejatinya menjadi ladang tempat berilmu karena terdapat banyak buku-buku yang bisa meningkatkan pengetahuan.

Melansir dari Hindustan Times, Selasa (6/4/2021), aksi yang dilakukan pasangan itu mulai menjadi perhatian publik setelah dibagikan di jejaring sosial Facebook. Melalui akun Patuli Street Library, menunjukkan bagaimana perpustakaan gratis di Jalan Patuli mampu membangkitkan minat baca pada anak-anak.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perpustakaan Gratis dari Lemari Es Bekas

 

Dalam unggahannya yang menggunakan bahasa Bengali menunjukkan siapa sosok di balik kisah inspiratif tesebut. Mereka yakni Kalidas Haldar yang berprofesi sebagai guru dan istrinya, Kumkum Haldar.

Mereka membuat sebuah inovasi di mana mengubah lemari es bekas menjadi lemari atau rak untuk memajang buku-buku. Perpusatakaan tersebut didirikan di sebuah toko kelontong kecil milik Tarapada Kahar.

3 dari 3 halaman

Postingan Patuli Street Library Dengan Beberapa Foto

Posted by Patuli Street Library on Monday, March 29, 2021

Dalam unggahannya juga menunjukkan beberapa gambar perpustakaan unik tersebut, seperti beberapa buku yang disusun di lemari es tua itu.

Salah satu foto menunjukkan pesan yang terdiri dari beberapa poin yang ditempel pada lemari es tersebut. Beberapa pesan tersebut yakni ambil satu buku dan baca di rumah, tukar buku tersebut dalam sebulan sekali, siapa pun dapat menyumbangkan buku untuk perpustakaan ini, tanamkan kebiasaan membaca, mari bentuk komunitas pencinta buku.

Selain itu, unggahan itu juga mendapat beragam respons positif dari warganet. Banyak dari mereka kagum dengan kisah inspiratif pasangan itu.

“Saya ingin memberikan beberapa buku, beri tahu jika bisa meluangkan waktu,” kata akun Papri Nath.

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Ngeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.