NASA Rilis Potret Kapal-Kapal Macet di Terusan Suez pada Malam Hari

Oleh Liputan6.com pada 06 Apr 2021, 15:00 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 15:00 WIB
Terusan Suez
Perbesar
Terusan Suez (Sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta Badan antariksa miliki Amerika Serikat yaitu NASA menangkap foto-foto saat terjadinya kemacetan yang panjang di Terusan Suez. Kemacetan lalu lintas yang disebakan oleh kapal yang tersangkut yaitu MV Ever Given.

MV Ever Given ini dioperasikan oleh Evergreen Marrine Corp yang berasal dari Taiwan. Kapal ini tersangkut karena mengalami badai pasir yang sangat dahsyat di wilayah timur tengah sehingga keluar dari jalur yang seharusnya.

Kapal yang sangat besar ini menghalangi kapal-kapal lainnya yang akan melewati Terusan Suez itu. Terjebak di ujung selatan kanal dengan membentuk garis diagonal, kapal ini memblokir jalan untuk kapal lainnya. NASA mengambil foto saat kejadian ini saat malam hari yang dibagikan melalui akun resmi milik NASA.

 

 

2 dari 4 halaman

Foto Pemandangan Kemacetan Kapal Saat Malam Hari

Terusan Suez
Perbesar
Kemacetan di Terusan Suez (Sumber: Facebook/@NASA Earth)

Postingan yang dibagikan oleh NASA melalui akun Facebooknya tentang pemandangan saat malam hari dari kapal-kapal yang mengalami kemacetan di Terusan Suez. Foto yang banyak membuat orang geleng-geleng kepala karena terdapat antrian yang sangat panjang untuk menunggu melewati Terusan Suez.

Foto yang dibagikan NASA terdiri dari beberapa foto yang disatukan menjadi kolase. Melansir dari NASA Earth Observatory, Senin, (5/4/2021), pada tanggal 28 Maret lalu, perusahaan layanan kanal Leth Agencies melaporkan bahwa terdapat 367 kapal yang sedang menunggu untuk melewati Terusan Suez.

Dalam laporannya dikatakan bahwa 154 kapal sedang menunggu di utara ekat Port Said, 42 kapal berada di Great Bitter Lake, dan 171 kapal lainnya menunggu di selatan kapal yang terdampar di Laut Merah. Jumalh tersebut merupakan bukan jumlah yang sedikit sehingga membentuk antrian sepanjang 72 sampai 100 km.

Gambar-gambar ini diperoleh dengan Visible Inrared Imaging Radiometer Suite (VIIRS) pada satelit Suomi NPP. VIIRS ini mendeteksi cahaya dalam berbagai panjang gelombang dari hijau ke dekat inframerah seperti cahaya bulan, flare gas, dan lampu yang ada di kapal. Foto tersebut didapatkan oleh Operational Land Imager (OLI) di Landsat 8 pada tanggal 27 Maret 2021.

 

 

3 dari 4 halaman

Postingan NASA di Facebook dan Komentar dari Warganet

Nighttime View of the Ship Traffic Jam on the Suez Canal The series of nighttime images, all acquired with the Visible...

Posted by NASA Earth on Tuesday, March 30, 2021

Sejak diunggah pada 31 Maret 2021 lalu, postingan ini sudah disukai oleh 2,4 ribu orang dan telah dibagikan lebih dari 300 orang. Postingan ini banyak membuat orang-orang penasaran dengan pemandangan yang terjadi saat Kapal Ever Given tersebut tersangkut.

Unggahan ini diberikan judul “Pemandangan Malam Hari dari Kemacetan Kapal di Terusan Suez” dengan 1 gambar yang terdiri dari 3 foto. Banyak juga yang mengomentari postingan ini.

Salah satunya ialah akun Justin Seth Nathaniel yang berkomentar, “Setidaknya semua kapal tampaknya mematuhi undang-undang jarak sosial,” katanya.

Akun lainnya juga berkomentar yaitu Lisa Tobleman, “Itu banyak sekali kapal (dengan emoticon terkejut),” jelasnya.

Jenny Witherall juga mengomentarinya, “Foto yang luar biasa dan sangat senang karena Kapal Ever Given sudah mulai bergerak,” pungkasnya.

 

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

4 dari 4 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

FOTO: Kapal Kargo Ever Given Berhasil Dievakuasi dari Terusan Suez
Perbesar
Kapal kargo Ever Given ditarik oleh salah satu kapal tunda di Terusan Suez, Mesir, Senin (29/3/2021). Lalu lintas Terusan Suez kembali normal setelah kapal kargo Ever Given yang terdampar dan memblokir jalur selama hampir seminggu akhirnya dievakuasi kru penyelamat. (Suez Canal Authority via AP)
Lanjutkan Membaca ↓