Sukses

5 Manfaat Minum Jus Semangka untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Dicoba

Nah, penasaran apa saja manfaat yang didapat jika mengkonsumsi jus semangka? Cek di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Semangka menjadi salah satu buah yang disukai banyak individu. Selain menyegarkan, semangka juga memiliki rasa yang khas.

Untuk mengkonsumsi, semangka biasanya bisa dimakan secara langsung. Namun, ada pula yang menjadikannya minuman seperti jus.

Semangka yang rendah karbohidrat dan tinggi serat ini mengandung asam amino seperti I-citruline dan karotenoid seperti likopen. 

Tak heran jika mengkonsumsi semangka nyatanya memenuhi 17 persen kebutuhan harian vitamin A dan 21 persen kebutuhan harian vitamin C. 

Nah, penasaran apa saja manfaat yang didapat jika mengkonsumsi jus semangka? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Selasa (6/4/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Memberi Energi

 

Jus semangka menyediakan sekitar 30 kkal energo per 100 g jus. Untuk itu, jus semangka bisa menjadi minuman penambah energi instan karena adanya vitamin C, vitamin A dan magnesium. 

Nutrisi tersebut dikenal sebagai bahan bakal sel dengan energi dan meningkatkan kekuatan.

3 dari 6 halaman

2. Membuang Racun

Semangka membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Kandungan mineral kalium yang tinggi dalam jus semangka membantu meningkatkan fungsi ginjal dan menyaring kelebihan asam urat, gula dan racun lain yang ada dalam darah.

4 dari 6 halaman

3. Tingkatkan Pencernaan

 

Semangka kaya akan kandungan air dan serat yang mendorong kesehatan pencernaan. Dua vitamin antioksidan penting seperti vitamin C dan vitamin A dalam jus semangka bisa meningkatkan mikrobioma usus yang baik. 

Ini membantu meningkatkan pencernaan, yang seringkali melemah dan lebih lambat apalagi di cuaca panas.

Likopen dalam jus juga membantu mengatasi banyak masalah pencernaan seperti kembung.

5 dari 6 halaman

4. Menjaga pH Tubuh

PH tubuh kita menurun dengan peningkatan suhu. Ketika pH menurun, tubuh menjadi asam yang menyebabkan kondisi seperti disfungsi hati, gagal jantung dan hipoglikemia. 

Untuk itu, jus semangka membantu menjaga pH tubuh secara alami dan mencegah infeksi.

6 dari 6 halaman

5. Tingkatkan Kekebalan

 

Jus semangka dikenal bisa merangsang proses keluarnya keringat untuk mengeluarkan panas tubuh, menyeimbangkan elektrolit tubuh karena kandungan airnya yang tinggi dan memberikan kesejukan bagi tubuh. 

Vitamin C dalam jus semangka juga membantu meningkatkan kekebalan dan memperkuat tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.