Sukses

Deretan Manfaat Air Rebusan Jagung untuk Tubuh Serta Cara Mengonsumsinya

Berikut deretan manfaat air rebusan jagung yang perlu diketahui serta cara mengonsumsinya

Liputan6.com, Jakarta Jagung merupakan salah satu bahan makanan sumber karbohidrat tinggi selain nasi. Itu mengapa tak sedikit orang yang memanfaatkan jagung sebagai pengganti nasi.

Rupanya tak hanya karbohidrat, jagung juga mengandung berbagai nutrisi lain yang tidak kalah penting dan bermanfaat. Mulai dari kalori, vitamin B1, vitamin A, kalsium, lemak, protein, fosfor, ferum, dan air.

Tak heran jika selain buahnya, air rebusan jagung juga menyimpan berbagai macam khasiat baik untuk tubuh. Mulai dari menurunkan kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mampu mengatasi batu ginjal.

Maka dari itu, bagi yang memiliki beberapa masalah kesehatan bisa mencoba manfaat air rebusan jagung. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut deretan manfaat air rebusan jagung yang perlu diketahui.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi air rebusan jagung dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi air rebusan jagung yang masih muda. Jagung muda dikatakan mempunyai kandungan antioksidan jenis flavonoid yang cukup tinggi.

Kandungan ini dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Dengan begitu kadar kolesterol dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik, dan terhindari dari risiko penyakit jantung koroner.

Caranya Anda bisa merebus 3 buah jagung muda tanpa kulit dengan 10 gelas air. Rebus hingga air mendidih, kemudian air rebusan jagung siap dikonsumsi. Untuk hasil yang lebih maksimal, ramuan ini dapat diminum secara rutin setiap hari.

3 dari 5 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat air rebusan jagung selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya Anda dapat merebus 5-7 buah jagung muda yang sudah dicuci bersih dengan menambahkan 1 genggam rambut jagung. Rebus dengan 200 ml air hingga mendidih, kemudian saring ke dalam gelas. Ramuan minuman ini dapat diminum rutin setiap hari.

4 dari 5 halaman

Menurunkan Kadar Gula Darah

Jagung diketahui memiliki kandungan gula alami yang lebih sehat dikonsumsi bagi penderita diabetes. Caranya cukup mudah, rebus jagung bersama dengan tangkainya dengan air secukupnya.

Rebus hingga air mendidih, dan tuangkan air rebusan jagung ke dalam gelas. Tunggu hingga suhu air sedikit lebih hangat, dan air rebusan jagung siap diminum.

5 dari 5 halaman

Mengatasi Batu Ginjal

Manfaat air rebusan jagung yang tidak kalah penting yaitu dapat membantu mengatasi batu ginjal. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa merebus 4 buah jagung muda dengan menambahkan 1 genggam rambut jagung, dan 8 helai daun keji beling segar di dalamnya. Rebus dengan 110 ml air hingga mendidih. Dan minum air rebusan jagung tersebut secara rutin setiap hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.