Cegah Keriput dan Penuaan Dini, 5 Makanan Ini Wajib Anda Coba

Oleh Ulya Kaltsum pada 05 Apr 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 05 Apr 2021, 16:00 WIB
Awas, Polusi Udara Picu Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah
Perbesar
Awas, Polusi Udara Picu Penuaan Dini dan Kerutan di Wajah

Liputan6.com, Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih rentan terhadap keriput dan kendur. Keriput akan tetap muncul satu per satu meski Anda berusaha merawatnya dengan menggunakan berbagai produk kecantikan.

Beruntung, Anda dapat memperlambat munculnya keriput dan melawan penuaan dini dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekencangan kulit, produksi kolagen, serta melawan kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa ahli bahkan berpendapat, tanda-tanda penuaan dapat dicegah dengan pola hidup sehat dan mengonsumi makanan yang tepat serta seimbang.

"Yang terpenting, Anda ingin meminimalkan dan menghindari makanan yang akan membuat Anda cepat tua, seperti gula, produk susu, tepung putih, alkohol, dan makanan dengan gluten yang menyebabkan peradangan," kata Dr. Paul Jarrod Frank, Dermatologis Kosmetik di New York City, dikutip dari Eat This.

Untuk membantu Anda mendapatkan makanan pencegah keriput, berikut merupakan beberapa makanan yang dapat menjaga kulit tetap lembap dan awet muda.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

1. Brokoli

Brokoli
Perbesar
Ilustrasi Foto Brokoli (iStockphoto)

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang dapat mencegah penuaan dengan bantuan senyawa yang disebut nicotinamide mononucleotide (NMN). NMN membantu memproduksi senyawa pemicu metabolisme dan mampu mencegah perubahan genetik yang menyebabkan penuaan dini.

Selain bagus untuk menambahkan serat dan protein nabati dalam tubuh, brokoli juga dapat melawan invasi keriput. Pasalnya, sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antipenuaan yang sangat besar.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

2. Bayam

Bayam
Perbesar
Ilustrasi Bayam Credit: pexels.com/Louis

Makanan yang dapat mencegah keriput selanjutnya adalah bayam. Kandungan antioksidan pada bayam membantu menghancurkan radikal bebas. Paparan radikal bebas dapat merusak kulit yang bisa menyebabkan penuaan dini dan menjadi penyebab utama munculnya garis halus dan kerutan.

Kandungan vitamin antioksidan, seperti vitamin A, C, E, dan K, dan zat besi serta magnesium pada bayam dapat membantu memperlambat proses penuaan dini dan membuat kulit tampak lebih muda.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

3. Kacang almond

Lemak Sehat
Perbesar
Ilustrasi Kacang Almond Credit: unsplash.com/Ignacio

Kacang almond mengandung vitamin E dan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas penyebab kerusakan kulit. Selain itu, kandungan lemak sehat yang ada pada kacang almond juga dapat menstabilkan kolesterol dan membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Kacang almond dipercaya dapat membuat kulit lebih kencang, sehat, dan terluhat awet muda.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

4. Alpukat

Buah Alpukat
Perbesar
Ilustrasi Buah Alpukat Credit: pexels.com/Daria

Alpukat memiliki kandungan nutrisi esensial yang dapat membantu efek negatif penuaan, seperti vitamin A, C, E, dan K. Karotenoid dalam alpukat sangat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak kulit, seperti sinar UV dan polusi.

Selain itu, alpukat juga bagus untuk mencegah penuaan dan keriput pada kulit karena penuh dengan lemak sehat pelawan peradangan.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

5. Bluberi

[Bintang] 8 Makanan yang Bisa Meningkatkan Fokus dan Memori di September
Perbesar
Bluberi. (Via: sociallizard.com)

Buah kecil berwarna biru ini mengandung antioksidan yang tinggi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan melawan kerusakan radikal yang dapat merusak kulit. Kandungan vitamin A dan C pada bluberi dapat mencegah hilangnya kolagen yang berfungsi menjaga kekuatan dan elastisitas kulit.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓