Suka Pakai Emoji Saat Chatting, Peluang Bertemu Pasangan Kian Meningkat

Oleh Yulia Lisnawati pada 03 Apr 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 03 Apr 2021, 12:00 WIB
perempuan main ponsel
Perbesar
ilustrasi smartphone/Photo by bongkarn thanyakij from Pexels

Liputan6.com, Jakarta - Setiap individu memiliki cara sendiri untuk mengungkapkan perasaan dan emosi saat chatting. Biasanya, untuk menunjukkan hal tersebut berbagai emoji pun diselipkan dalam pesan untuk menunjukkan apa yang Anda rasakan ketika ngobrol dengan seseorang.

Ternyata menggunakan ikon-ikon kecil ini bisa meningkatkan peluang seseorang untuk memiliki pasangan.

Dua penelitian terbaru yang dilakukan Amanda N. Gesselman, Vivian P.Ta dan Justin R. Garcia mengungkap tentang pengaruh penggunaan emoji dalam situasi interpersonal.

Para peneliti tersebut memutuskan untuk mengadakan studi terkait emoji untuk membuktikannya. Ternyata ada beberapa keuntungan yang didapat dalam menggunakan emoji terhadap hubungan percintaan.

Penasaran apa saja? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Sabtu (3/4/2021).

Meningkatkan Peluang Berkencan

mencinta diri sendiri dan orang lain
Perbesar
ilustrasi pasangan cinta/Photo by unsplah Pablo

Menggunakan ikon senyum dapat membantu membentuk koneksi yang lebih baik dengan seseorang. Selain itu, bisa juga meningkatkan peluang keintiman dengan seseorang.

5.327 orang dewasa lanjang dari Amerika berumur 18 hingga 94 mengambil bagian dalam penelitian ini. Para peserta ditanyai sejumlah pertanyaan terkait dengan seberapa sering mereka menggunakan emoji dan berapa banyak kencan pertama yang mereka lakukan dalam setahun.

Dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa mereka yang sering menggunakan emoji saat berkirim pesan memiliki lebih banyak kencan serta hubungan intim yang sukses.

Selain itu, penelitian ini mengungkapkan bahwa hampir 30% dari single di Amerika menggunakan emoji dan alasan paling sering untuk penggunaan tersebut adalah untuk mengekspresikan diri mereka.

Membantu Mengembangkan Hubungan

Ilustrasi pasangan romantis
Perbesar
Ilustrasi pasangan romantis. Sumber foto: unsplash.com/rawpixel.

Dalam penelitian lanjutan dari studi sebelumnya, dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana menggunakan emoji mempengaruhi kemajuan untuk kencan pertama, lalu apakah mereka ditinjaklanjuti dengan pertemuan kedua selain pertemuan lainnya.

275 orang dewasa lajang Amerika dengan umur 18 hingga 71 mengambil bagian dalam penelitian ini. Para peserta ditanya tentang jumlah kencan pertama dan kedua dengan orang yang sama selama setahun terakhir, apakah mereka menggunakan emoji sebelum dan setelah kencan pertama serta perilaku seksual mereka pada tahun yang sama.

Hasilnya menunjukkan bahwa para peserta cukup aktif dalam menggunakan emoji dan mereka melaporkan lebih banyak kencan kedua atau ketiga dengan pasangan mereka yang telah menunjukkan korelasi besar antara menggunakan emoji tersenyum dan romantis.

Emoji membantu mereka untuk mengembangkan hubungan dengan calon pasangan mereka lebih lanjut, serta terlibat dalam aktivitas seksual.

Membawa Banyak Hal Baik

Kesiapan Mental
Perbesar
Ilustrasi Pasangan Credit: pexels.com/ArtemBeliakin

Kedua studi tersebut membuktikan keterkaitan antara menggunakan emoji dan pengembangan hubungan romantis yang sukses. 

Emoji kecil yang tersenyum itu membantu individu membangun hubungan dan menikmati hasilnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓