Keren Banget, Potret Bukit Pasir Beku di Mars Tangkapan NASA

Oleh Liputan6.com pada 31 Mar 2021, 21:02 WIB
Diperbarui 31 Mar 2021, 21:02 WIB
Ukuran Planet Mars
Perbesar
Ukuran Planet Mars (sumber: Pixabay)

Liputan6.com, Jakarta NASA yang memang merupakan sebuah lembaga penerbangan dan antariksa yang dimiliki oleh Amerika Serikat ini sering kali membagikan momen yang terjadi di angkasa melalui media sosial, salah satunya Instagram.

Beberapa hari lalu NASA membagikan sebuah foto melalui instagramnya yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter (MRO). Gambar menakjubkan itu diambil di Planet Merah dengan kamera HiRISE yang mereka miliki.

MRO ini merupakan pesawat ruang angkasa yang dibuat untuk menganalisis bentang alam, stratigrafi, mineral, dan es di Mars. Pesawat luar angkasa ini juga dilengkapi dengan alat-alat ilmiah seperti kamera, spektrometer, dan juga radar. Maka dari itu banyak gambar yang dapat ditangkap dengan peswat ini.

 

 

2 dari 5 halaman

Hamparan Bukit Pasir Beku di Mars

Bukit Pasir Beku di Mars
Perbesar
Bukit Pasir Beku di Mars (Sumber: Screen capture by Insatagram @nasa)

Gambar yang banyak membuat orang terpukau ini ialah foto bukit pasir yang beku, atau disebutnya dengan Frosty Sand Dunes Of Mars. “Hamparan bukit pasir ini menempati sebuah kawah yang membentang sejauh 5 kilometer ini ditemukan di dataran tinggi utara Mars,” tulis pada akun instagram NASA tersebut.

NASA juga menyebutkan dalam caption-nya bahwa garis-garis dan beberapa fitur lainnya itu merupaka hasil dari es sublimasi yang datang dengan ‘pencairan musiman’. Pada gambar terlihat bahwa dataran ini berwarna kecoklatan pada bukit pasir ini.

Foto ini seperti memiliki tekstur dan pola yang tak beraturan dengan garis-garis yang saling membelah. Jika melihatnya sekilas, foto ini tidak seperti bukit pasir melainkan sebuah batu yang memiliki tekstur tak karuan. Namun, terdapat beberapa detail yang menunjukkan pasir-pasir yang bertebaran.

 

 

3 dari 5 halaman

Komentar Warganet

Saat ini, foto tersebut sudah disukai lebih dari 800 ribu dan juga dikomentari oleh 3 ribu orang lebih dengan berbagai ulasan. Ulasan yang diberikan rata-rata mengandung hal yang positif dan bahkan dukungan kepada NASA.

Akun bernama @shrestha_2356 menuliskannya dengan bahasa inggris, “Tekstur dan polanya sangat menarik untuk dilihat,”.

Akun lainya juga berkomentar serupa, “Perubahan musim di Mars telah meninggalkan fitur geologi yang menarik,” tulis akun @molod.hasa.n.i pada postingan itu.

@yyaldakamalinia juga memberikan dukungan, “Hi NASA, saya hanya ingin memberikan cinta dan dukungan atas apa yang kalian lakukan! BAGUS SEKALI,” tulis akun tersebut.

 

 

4 dari 5 halaman

NASA Juga Berikan Kuis

Ilustrasi Planet Mars
Perbesar
Ilustrasi Planet Mars (Aynur Zakirov/Pixabay).

Tak hanya foto saja, NASA juga memberikan kuis atau pertanyaan kepada para pengikutnya tentang foto yang diunggahnya ini. NASA menyebutkan, “Friday pop quiz time,” yang mana artinya waktunya kuis pop hari Jum,at.

Pertanyaan yang diberikan NASA ialah, “Pada tahun berapa Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) mencapai Mars?” tulis akun NASA pada akhir keterangan foto.

Selain itu, NASA juga memberikan pilihan jawaban untuk pertanyaan tersebut yang terdiri dari 2003, 2004, 2005, atau 2006. Melansir dari Hindustan Times, MRO sampai di Mars pada tahun 2006 yang diluncurkan dari Cape Canaveral pada tahun 2005.

 

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

5 dari 5 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓