Sukses

Wajib Dicoba, 5 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Sembelit

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sembelit, salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang kaya akan nutrisi dan serat.

Liputan6.com, Jakarta Sembelit merupakan gangguan kesehatan yang seringkali dialami banyak individu. Sembelit adalah kondisi susah buang air besar karena adanya kotoran yang menyumbat usus.

Ada beberapa faktor penyebab sembelit, mulai dari sering menunda buang air besar, pengaruh gaya hidup, faktor psikologis, hingga pengaruh obat-obatan. Selain itu, sembelit juga bisa terjadi karena kurangnya mengonsumsi cairan dan kurang bergerak alias berolahraga.

Sembelit dapat berdampak negatif dan serius terhadap kualitas hidup, kesehatan fisik dan mental. Beruntung, terdapat banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan sembelit, salah satunya dengan mengonsumsi beberapa makanan yang kaya akan nutrisi dan serat.

Berikut beberapa makanan terbaik yang dapat membantu meredakan dan mengatasi sembelit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Prune

Prune alias plum kering dikenal ampuh untuk mengatasi sembelit karena kandungan seratnya yang tinggi. Serat tidak larut dalam plum atau dikenal sebagai selulosa dapat meningkatkan jumlah air dalam tinja atau menambah volume tinja, sehingga proses BAB menjadi lancar.

Satu buah plum mengandung satu gram serat. Selain itu, serat larut dalam plum dapat difermentasi dalam usus besar agar menghasilkan asam lemak rantai pendek yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

3 dari 6 halaman

2. Kiwi

Buah kiwi berukuran sedang (sekitar 76 gram) mengandung 2,3 gram serat, yang merupakan 9 persen dari jumlah kebutuhan serat harian yang seharusnya. Hal tersebut juga dapat menambah massa pada kotoran atau tinja.

Dengan penambahan massa tersebut, sisa makanan akan lebih cepat mengalir melalui usus. Selain itu, kiwi juga mengandung actinidine, yakni enzim yang dapat meningkatkan pergerakan di saluran pencernaan bagian atas agar lebih aktif.

4 dari 6 halaman

3. Popcorn

Makanan lainnya yang dapat mengatasi sembelit adalah popcorn. Anda mungkin jarang sekali mendengar bahwa camilan rendah kalori dan kaya akan serat ini memiliki manfaat bagi pengidap sembelit.

Pasalnya, popcorn mengandung 31 kalori, 1 gram protein, 6 gram karbohidrat, dan 1,2 gram serat yang berguna bagi kesehatan tubuh. Kandungan serat dan kernel pada popcorn itulah yang dapat membantu memperlancar BAB.

5 dari 6 halaman

4. Kacang polong

Kacang polong dikenal dapat membantu melancarkan BAB dan mengurangi sembelit. Hal ini karena kandungan serat yang tinggi pada kacang polong bagus untuk buang air besar dan bakteri usus.

Kandungan mineral, vitamin B, dan protein yang baik pada kacang polong dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah masalah terkait perut kembung dan lambung.

6 dari 6 halaman

5. Jus Lidah Buaya

Bukan hanya sebagai obat herbal penyubur rambut atau pelembab kulit, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengobati sembelit.

Lidah buaya mengandung zat polisakarida yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Polisakarida membantu tubuh mencerna makanan lebih sempurna sehingga gizi pada makanan bisa terserap dengan maksimal.

Untuk mengatasi sembelit, Anda cukup mengambil dagingnya lalu tambahkan air panas dan madu. Kemudian, aduk dan saring jus lidah buaya tersebut. Anda dapat mengonsumi dua kali sehari saat masih hangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.