Sukses

5 Manfaat Terapi Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Atasi Stres

Meski tampaknya sepele, nyatanya terapi air dingin memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Terapi air dingin atau cryotheraphy termasuk berendam air dingin dan pijat es menjadi salah satu jenis metode pengobatan yang digunakan untuk mempercepat pemulihan dari kondisi tertentu, seperti stres, nyeri dan keseleo.

Meski tampaknya sepele, nyatanya terapi air dingin memiliki manfaat menakjubkan bagi kesehatan tubuh. Nah, penasaran apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (29/3/2021),

1. Meredakan Nyeri  

 

Terapi air dingin bisa membantu meredakan nyeri dada pada pengidap penyakit jantung. Untuk nyeri yang berhubungan dengan cedera atau keseleo, mengompresnya dengan es batu di area tersebut bisa membantu meredakan nyeri dengan mengurangi aliran darah di area tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Mengurangi Berat Badan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa terapi air dingin bisa membantu mengaktifkan jaringan adiposa cokelat yang merupakan organ termogenik utama untuk meningkatkan produksi panas dalam tubuh dengan cepat. 

Aktivitas lemak cokelat dengan demikian membantu meningkatkan laju metabolism dan setelah itu menurunkan berat badan.

3 dari 5 halaman

3. Mengatasi Stres

Terapi air dingin dikenal untuk meningkatkan efek psikologis dan jika dikombinasikan dengan terapi pelengkap lainnya seperti relaksasi, pijat dan aromaterapi bisa membantu meningkatkan kemampuan tubuh yang sehat secara alami. 

Terapi air dingin membantu memberikan relaksasi mental, kelelahan mental, kecemasan, depresi dan meningkatkan kualitas hidup.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Peradangan

 

Terapi air dingin diklaim memiliki pengaruh anti-inflamasi selama proses pemulihan. Terapi ini memiliki potensi untuk mengurangi peradangan akibat kondisi stres secara metabolic dan mekanis seperti latihan intensitas tinggi atau kondisi peradangan paru-paru.

5 dari 5 halaman

5. Mengurangi Kelelahan

 

Terapi air dingin diketahui meningkatkan laju metabolism yang bisa membantu pemulihan jaringan otot dari kelelahan. 

Terapi ini membantu mengurangi kelelahan dengan meningkatkan pemulihan otot setelah kejadian yang membuat stres dan mengurangi nyeri otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.