Manfaat Membaca Surah Al Kahfi, Dijamin Selamat dari Fitnah Dajjal

Oleh Erik Erfinanto pada 27 Mar 2021, 19:00 WIB
Diperbarui 27 Mar 2021, 19:00 WIB
alquran
Perbesar
Ilustrasi Al Qur’an Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Surah Al Kahfi merupakan surah ke-18 dalam kitab suci Al Quran. Surah yang terdiri dari 110 ayat ini tergolong surah Makkiyah atau surah yang diturunkan di Kota Mekkah.

Pada ayat ke-9 hingga 26 dalam Surah Al Kahfi diceritakan tentang kisah sejumlah pemuda yang tertidur dalam gua selama bertahun-tahun lamanya. Itu mengapa surah ini dinamai Al Kahfi atau Ashabul Kahfi yang berarti para penghuni gua.

Surah Al Kahfi tidak hanya bercerita mengenai orang-orang yang tertidur dalam gua, namun juga bercerita mengenai kisah-kisah lain yang dapat dipetik hikmah dan pelajaran darinya.

Ada sederet manfaat membaca Surah Al Kahfi. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” Hadis di atas diriwayatkan oleh An-Nasai dan Baihaqi.

Surah Al Kahfi memang dianjurkan dibaca pada malam Jumat, namun juga ada manfaat lain yang harus diketahui. Di antaranya mendapat ampunan dosa dan terlindungi dari godaan Dajjal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini


Selamat dari Godaan Setan

Doa Malam Nuzulul Qur’an
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

Mau terbebas dari godaan setan? Solusinya membaca Surah Al Kahfi. Dengan niat yang baik, serta berharap hanya kepada Allah SWT, maka insyaallah akan terhindar dari godaan setan.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Mardwih dari Abdullah bin Mughafal, bahwa bila rumah Anda ingin terbebas dari godaan setan, maka hendaknya membaca surah Al Kahfi dan Surah Al Baqoroh.

Selamat diri Dajjal

Dajal adalah makhluk terkutuk yang akan datang di hari akhir dengan membaca segudang fitnah. Bila manusia tak kuat imam, maka akan terjerumus ke dalam lubang kesesatannya.

Agar terhindar dari fitnah keji Dajal, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk membaca Surah Al Kahfi minimal pada malam Jumat. Namun, bila membacanya terus-menerus di hari lain, jaminan terbebas dari fitnah Dajal juga akan tetap didapat.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya