Sukses

Jelang UTBK, Ini Kiat Menjaga Kesehatan Mental Selama Masa Ujian 

Ini kiat menjaga kesehatan mental selama masa ujian UTBK

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 sudah dibuka sejak 15 Maret 2021 lalu. Ratusan ribu siswa Indonesia bersaing ketat untuk memperebutkan kursi di perguruan tinggi negeri impian mereka melalui seleksi ini. 

Selain mempersiapkan diri secara akademis, kondisi kesehatan mental kamu, para peserta UTBK 2021, harus tetap dijaga agar tetap stabil dalam menghadapi seleksi ini. Dengan kondisi mental yang stabil, kamu akan lebih mudah mencerna materi dan mengerjakan soal saat hari-H ujian.

Dirangkum dari sesi webinar Impact Talks 2: “Menjaga Kesehatan Mental Saat Belajar Daring” bersama Ni Putu Putri P, M. Psi, Psikolog Anak, yang diselenggarakan oleh Ruangguru pada 17 Februari 2021, berikut tips menjaga kesehatan mental saat belajar daring, khususnya selama masa ujian yang wajib kamu tahu!

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jaga Emosi

Jika diri kita sedang emosi, kita cenderung kurang bisa mengakses memori dan mencerna materi. Maka dari itu, kita harus bisa mengontrol emosi tanpa menolaknya agar otak kita lebih lancar ketika belajar dan mengerjakan soal. 

Salah satu cara untuk mengatur emosi adalah menentukan cara versimu dalam menyalurkannya, contohnya seperti menggambar, menulis, atau sekadar mengatur nafas agar kamu jauh lebih tenang. Setelah emosi sudah mereda, kamu bisa melanjutkan belajar kembali dengan nyaman dan tenang.

 

3 dari 4 halaman

Jaga Kognisi

Pada masa ujian seperti saat ini, banyak siswa merasa takut dan gugup akan ujian. Hal itu sangatlah wajar. Namun, kamu harus memberikan keyakinan pada dirimu bahwa kamu pasti bisa menghadapi semua ujian yang ada di depan.

Jangan biarkan rasa takutmu akan ujian membuatmu takut untuk memulai belajar. Mulai langkah dari yang kecil, seperti mencicil materi setiap harinya, sebab hal besar dapat dimulai dari yang kecil, sedikit demi sedikit. 

 

4 dari 4 halaman

Jaga Relasi

Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan dukungan orang lain. Dalam mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian, tak jarang kamu akan merasakan kejenuhan akan belajar. Maka dari itu, penting sekali pada masa ujian seperti saat ini untuk tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman seperjuangan. 

Sekadar saling bercerita melalui telepon atau video call dengan teman dan memberikan dukungan satu sama lain dapat melepaskan rasa rindu dan jenuh, ditambah pada masa pandemi ini dimana banyak dari kita yang tidak bisa bertemu secara langsung dengan teman-teman. 

Dengan mental yang sehat, kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar, termasuk saat belajar dan mengerjakan soal ujian. Kamu salah satu peserta UTBK-SBMPTN 2021? Selain jaga kesehatan mental dengan tiga tips di atas, yuk, persiapkan dirimu dengan mengikuti tryout di ruanguji oleh Ruangguru. Ada banyak soal dan video pembahasan mengenai soal-soal UTBK yang akurat. Daftar sekarang juga dan jangan lupa berdoa serta jaga kesehatan, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.