Hidup Damai dengan Membaca Surah Yasin di Pagi dan Malam Hari

Oleh Erik Erfinanto pada 26 Mar 2021, 19:36 WIB
Diperbarui 26 Mar 2021, 19:37 WIB
alquran
Perbesar
Ilustrasi Al Qur’an Credit: freepik.com

Liputan6.com, Jakarta Hidup penuh berkah merupakan idaman bagi setiap orang. Mendapat kemudahan dalam segala urusan, jauh dari mara bahaya, dan selalu mendapat ketenangan hati, adalah keinginan sebagian besar orang.

Untuk menggapai keinginan tersebut, berusaha dan tawakal adalah kuncinya. Namun, selain itu, membaca ayat suci Al Quran khususnya Surah Yasin sebanyak tiga kali juga akan membantu kita untuk menggapainya.

Surah Yasin, dan semua surah dalam Al Quran merupakan bacaan baik yang dapat diamalkan kapan saja. Dengan membaca satu ayat saja, pahala yang dijanjikan Allah SWT sangat besar. Apalagi membaca satu surah penuh.

Surah Yasin memang biasa dibaca di hari Jumat. Untuk mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal dunia. Namun, surah ini juga baik dibaca di hari-hari lain.

Surah Yasin mengandung tiga pokok pembahasan di dalamnya. Pertama, membahas tentang keimanan terhadap hari kebangkitan. Kedua, memuat pengetahuan sejarah mengenai kehidupan penduduk di suatu desa agar kita dapat mengambil hikmahnya.

Dan yang ketiga, Surah Yasin mengandung dalil-dalil untuk menegaskan kepada umat Islam tentang keesaan Allah SWT. Berikut 5 manfaat membaca Surah Yasin, hidup berkah penuh kelancaran rezeki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini


1. Mendapat Kelancaran Rezeki

Doa Malam Nuzulul Qur’an
Perbesar
Ilustrasi Al-Qur’an Credit: freepik.com

Mau mendapat kelancaran rezeki? Tentu saja. Siapa tidak mau mendapat rezeki melimpah tanpa harus bersusah paya. Syaratnya, ikhlas sepenuh hati hanya memohon kepada Allah SWT.

Istikomah menjalankan ibadah, dan terus berharap kebaikan dari rezeki yang dilimpahkan kepada kita.

Imam Ad-Darimi menjelaskan, barang siapa membaca Surah Yasin di pagi hari, maka pekerjaannya di hari itu akan dimudahkan oleh Allah.

“Dan jika membacanya di akhir hari, maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga,” tertulis dalam Sunan Ad-Darimi.

2. Mendapat Berkah dalam Hidup

Bagaimana bila rezeki yang kita dapat tidak mengandung berkah? Pasti rezeki tersebut kurang bermanfaat, atau bisa jadi rezeki tersebut cepat habis atau bahkan tidak bisa menikmatinya.

Untuk itu, agar hidup kita terus mendapat limpahan berkah dari Allah SWT, maka ada baiknya membaca Surah Yasin di pagi hari. Hal itu dibenarkan juga oleh Imam Ad-Darimi dalam Sunannya.

"Siapa yang membaca surat Yasin pada awal pagi, seluruh hajatnya akan dikabulkan oleh Allah," tulis Imam Ad-Darimi dalam kitabnya.

3. Terlindungi dari Malapetaka

Obat dari malapetaka adalah Surah Yasin. Bila hidup Anda terasa begitu melelahkan, kerap tertimpa sial, mungkin simpanan kebaikan Anda sedang menipis.

Manfaat dari membaca Surah Yasin selanjutnya adalah agar selalu terhindar dari marabahaya, malapetaka, nasib sial, atau keburukan lain yang bisa datang kapan saja.

Allah SWT akan memberikan perlindungan kepada umat-Nya dengan menjauhkan dari segala penyakit, dilindungi selama hidup di dunia dan akhirat, mati syahid, dan dimudahkan saat akan keluar ruh.

 


4. Mendapat Kebahagiaan

Surat Al Baqarah Ayat 216
Perbesar
Ilustrasi Membaca Al Qur’an Credit: freepik.com

Jika gunda gulana datang menghampiri Anda, lalu hati menjadi sedih, jauh dari rasa tenang dan damai, maka membaca Surah Yasin setiap hari akan mengubah rasa itu menjadi bahagia.

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam Surah Ar Rad ayat 28, dengan mengingat-Nya hati menjadi tenang.

"Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.”

5. Mendapat Ampunan dari Allah

Selain memberikan keberkahan dalam hidup, surat Yasin juga ampuh untuk menghapuskan dosa-dosa selama hidup di dunia. Jika terus mengamalkan membaca surat Yasin maka dosa-dosa sebesar gunung pun akan diampuni oleh Allah SWT.

Hal ini juga pernah diungkapkan oleh Abu Hurairah Ra yang berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh At-Thabrani dan Al-Baihaqi yang menjelaskan bahwa “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya