5 Alasan Tidak Mengeringkan Wajah Menggunakan Handuk

Oleh Camelia pada 30 Mar 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 30 Mar 2021, 10:00 WIB
Ilustrasi Handuk
Perbesar
Ilustrasi handuk (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir bahwa dudukan toilet adalah barang yang paling banyak mengandung kuman di rumah Anda, padahal sebenarnya tidak. Faktanya, handuk Anda yang mengandung paling banyak bakteri, dan jika Anda menggunakannya untuk menyeka wajah hal ini tentu dapat memberikan efek buruk bagi kulit.

 

Ya, mungkin banyak yang tak menyadari hal ini bukan? Bahkan sebagian besar dari Anda telah mengeringkan wajah dengan handuk setelah selesai mandi setiap harinya.

Mulai sekarang sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk, pasalnya ada beberapa dampak buruk yang akan mengintai Anda. Dikutip dari Bright Side, berikut ulasannya.

2 dari 7 halaman

1. Dapat Membuat Wajah Berjerawat

Menjadikan Kondisi Wajah Berjerawat Sebagai Bahan Candaan
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/pixabay

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh bisa merusak kulit Anda lebih dari yang Anda kira.

Handuk adalah sarang bakteri, hal ini lantaran Anda biasa menyimpannya di kamar mandi. Udara  yang lembap dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri.

Saat Anda menggosokkan handuk ke wajah, Anda memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulit Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat.

Meskipun Anda menggunakan handuk terpisah untuk wajah daripada yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh, kemungkinan besar Anda tidak mencucinya setiap hari, dan bakteri yang tidak diinginkan masih dapat masuk ke kulit Anda.

 

3 dari 7 halaman

2. Kulit Lebih Cepat Menua

Mengencangkan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Kencang dan Awet Muda Credit: pexels.com/pixabay

Handuk mandi berbahan terlalu kasar di wajah Anda, dan menggunakannya dapat membuat lapisan kulit terluar Anda robek, sehingga rentan terhadap infeksi dan kerutan. Semakin sering Anda mencuci handuk, semakin rapuh kainnya, dan gesekan yang ditimbulkannya akan membuat kulit terkelupas dan menyebabkanya lebih cepat menua.

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi Efek Produk Perawatan Kulit

Hanya Krim yang Aman Boleh Dipakai
Perbesar
Ilustrasi Penggunaan Krim Wajah Credit: pexels.com/pixabay

Meskipun mengeringkan wajah setelah mencucinya tampak seperti hal yang wajar untuk dilakukan, pada kenyataannya, hal itu tidak akan membuat kulit Anda mendapatkan hasil maksimal dari produk kecantikan yang Anda aplikasikan.

Pelembap Anda akan lebih meresap ke dalam kulit sebelum semua air menguap dari permukaannya. Melewatkan pengeringan dengan handuk akan memungkinkan produk perawatan kulit Anda mengunci kelembapan yang dibutuhkan kulit Anda agar terlihat awet muda dan bercahaya.

5 dari 7 halaman

4. Menyebabkan Iritasi Kulit

Melembapkan Kulit Wajah
Perbesar
Ilustrasi Kulit Wajah Lembap Credit: pexels.com/pixabay

Jika Anda memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Karena sebagian besar kain handuk bisa terlalu keras untuk kulit, menyeka wajah dengan kain tersebut dapat menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

6 dari 7 halaman

5. Membuat Kulit Berminyak

Munculnya Noda dan Flek Hitam
Perbesar
Ilustrasi Masalah Pada Wajah Credit: pexels.com/pixabay

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi mengeringkan kulit sebenarnya bisa membuatnya lebih berminyak. Karena handuk kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit Anda agar tetap sehat, kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan, yang akan menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓