Sukses

5 Alasan Tidak Mengeringkan Wajah Menggunakan Handuk

Mulai sekarang sebaiknya Anda hentikan kebiasaan mengeringkan wajah menggunakan handuk.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin berpikir bahwa dudukan toilet adalah barang yang paling banyak mengandung kuman di rumah Anda, padahal sebenarnya tidak. Faktanya, handuk Anda yang mengandung paling banyak bakteri, dan jika Anda menggunakannya untuk menyeka wajah hal ini tentu dapat memberikan efek buruk bagi kulit.

 

Ya, mungkin banyak yang tak menyadari hal ini bukan? Bahkan sebagian besar dari Anda telah mengeringkan wajah dengan handuk setelah selesai mandi setiap harinya.

Mulai sekarang sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan buruk, pasalnya ada beberapa dampak buruk yang akan mengintai Anda. Dikutip dari Bright Side, berikut ulasannya.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Dapat Membuat Wajah Berjerawat

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama dengan yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh bisa merusak kulit Anda lebih dari yang Anda kira.

Handuk adalah sarang bakteri, hal ini lantaran Anda biasa menyimpannya di kamar mandi. Udara  yang lembap dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri.

Saat Anda menggosokkan handuk ke wajah, Anda memindahkan semua bakteri ini langsung ke kulit Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat dan pori-pori tersumbat.

Meskipun Anda menggunakan handuk terpisah untuk wajah daripada yang Anda gunakan untuk mengeringkan tubuh, kemungkinan besar Anda tidak mencucinya setiap hari, dan bakteri yang tidak diinginkan masih dapat masuk ke kulit Anda.

 

3 dari 6 halaman

2. Kulit Lebih Cepat Menua

Handuk mandi berbahan terlalu kasar di wajah Anda, dan menggunakannya dapat membuat lapisan kulit terluar Anda robek, sehingga rentan terhadap infeksi dan kerutan. Semakin sering Anda mencuci handuk, semakin rapuh kainnya, dan gesekan yang ditimbulkannya akan membuat kulit terkelupas dan menyebabkanya lebih cepat menua.

4 dari 6 halaman

3. Mengurangi Efek Produk Perawatan Kulit

Meskipun mengeringkan wajah setelah mencucinya tampak seperti hal yang wajar untuk dilakukan, pada kenyataannya, hal itu tidak akan membuat kulit Anda mendapatkan hasil maksimal dari produk kecantikan yang Anda aplikasikan.

Pelembap Anda akan lebih meresap ke dalam kulit sebelum semua air menguap dari permukaannya. Melewatkan pengeringan dengan handuk akan memungkinkan produk perawatan kulit Anda mengunci kelembapan yang dibutuhkan kulit Anda agar terlihat awet muda dan bercahaya.

5 dari 6 halaman

4. Menyebabkan Iritasi Kulit

Jika Anda memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk bukanlah pilihan terbaik untuk mengeringkan wajah. Karena sebagian besar kain handuk bisa terlalu keras untuk kulit, menyeka wajah dengan kain tersebut dapat menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

6 dari 6 halaman

5. Membuat Kulit Berminyak

Ini mungkin terdengar kontradiktif, tetapi mengeringkan kulit sebenarnya bisa membuatnya lebih berminyak. Karena handuk kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit Anda agar tetap sehat, kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengimbangi kekeringan, yang akan menyebabkan kulit menjadi terlalu berminyak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini