Sukses

5 Hal Ini Harus Anda Lakukan Sebelum dan Sesudah Mendapat Vaksin Covid-19

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum dan sesudah divaksinasi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Dengan semakin banyaknya vaksinasi Covid-19 yang dilakukan, baik dari pemerintah maupun pihak swasta, harapan untuk pandemi Covid-19 segera berakhir makin tinggi. Tak ada orang yang ingin berlama-lama dalam kondisi tidak menentu seperti sekarang ini.

Namun, sebagaimana pemberian vaksin lainnya, vaksin Covid ada kalanya memberikan reaksi alergi dan efek samping bagi beberapa orang. Untuk mengurangi rasa takut divaksinasi, berikut adalah beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan sebelum dan sesudah mendapat vaksin COVID-19.

Melansir dari TimesofIndia, ini dia.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Konsultasikan dengan dokter Anda

Tidak ada kemungkinan bahaya vaksinasi jika Anda masih muda dan sehat. Namun, jika Anda berusia di atas 45 tahun dan seseorang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya serta memiliki penyakit penyerta seperti hipertensi, diabetes, penyakit ginjal, penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan dokter dan menanyakan apakah aman untuk menggunakan suntikan vaksin atau tidak.

 

3 dari 6 halaman

2. Makan makanan yang sehat sebelum divaksin

Para ahli percaya makan sehat sebelum divaksinasi COVID adalah yang paling penting. Setelahnya baru, mengetahui obat rutin mana yang juga harus diambil di bawah bimbingan dokter bila Anda memiliki penyakit penyerta.

 

4 dari 6 halaman

3. Memeriksakan diri untuk reaksi alergi apa pun setelah divaksin

Jika Anda telah mendapat vaksin COVID, minta diri Anda dimonitor oleh petugas kesehatan dan lihat apakah Anda mengembangkan kemungkinan efek samping atau reaksi alergi dari vaksin tersebut.

 

5 dari 6 halaman

4. Bila merasakan efek sampingnya, jangan panik

Jika seandainya Anda mengalami ketidaknyamanan atau reaksi alergi tertentu, bersamaan dengan rasa sakit, gatal, demam atau kelelahan, jangan panik tapi rileks. Ini adalah beberapa cara di mana sistem kekebalan tubuh Anda bereaksi terhadap vaksin.

 

6 dari 6 halaman

5. Tetap harus memakai masker dan menjaga jarak

Setelah Anda divaksinasi, Anda harus terus memakai masker Anda setiap saat. Praktikkan jarak sosial dan pertahankan protokol kesehatan. Cuci tangan Anda dan desinfeksi permukaan yang sering disentuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.