Sukses

Selain Kecantikan Kulit, Ini Deretan Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan Tubuh

Beragam manfaat yang diberikan oleh bengkuang dari mulai untuk kulit dan wajah hingga untuk mencegah risiko penyakit kronis seperti kanker.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat yang didapatkan dari bengkuang untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Beragam manfaat yang terkandung dalam bengkuang sangat baik untuk perawatan kulit wajah. Oleh karena itu, bengkuang sering kali menjadi salah satu bahan utama yang terdapat dalam skincare.

Seperti yang diketahui bengkuang merupakan buah yang berwarna putih dan kulitnya yang berwarna kecoklatan. Melansir dari Healthline, bengkuang memiliki daging yang berair dan renyah, serta rasanya yang terkadang manis.

Pohon bengkuang ini memiliki 4-9 buah dalam satu pohonnya. Bengkuang memberikan manfaat yang baik juga untuk tubuh saat dikonsumsi. Sebelum melihat manfaat yang terdapat di dalamnya, berikut nutrisi yang terkandung dalam umbi satu ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Nutrisi dalam Bengkuang

Di dalam bengkuang terdapat kalori yang sebagian besarnya dari karbohidrat. Sedangkan sisanya terdiri dari protein dan lemak yang jumlahnya sangat sedikit. Tak hanya itu, bengkuang ini juga banyak mengandung vitamin dan mineral penting, serta serat yang berjumlah cukup besar.

Misal terdapat bengkuang berukuran 130 gram, kandungan nutrisinya ialah kalori sebesar 49, 12 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,1 lemak, 6,4 gram serat. Di dalam bengkuang juga mengandung vitamin C, folat, besi, magnesium, kalium, mangan, vitamin E, tiamin, riboflavin, vitamin B6, asam pantotenat, kalsium, fosfor, seng dan tembaga.

Buah yang rendah kalori dan tinggi serat serta air ini juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan dalam tubuh yang diperlukan untuk banyak reaksi enzim. Antioksidan yang terkadung dalam bengkuang ini dapat membantu mencegah kerusakan sel.

Dengan menangkal radikal bebas, molekul berbahaya yang dapat menyebabkan stres oksidatif ini dapat melindungi dari kerusakan sel. Stres oksidatif ini yang nantinya dapat menyebabkan penyakit kronis seperti kanker, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penurunan kognitif. Untuk itu, berikut ini beberapa manfaat buah bengkuang untuk tubuh selain untuk kecantikan. 

 

3 dari 8 halaman

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat yang terkandung dalam bengkuang ini menurunkan kadar kolesterol dengan mencegah empedu diserap kembali di usus, serta mencegah hati membuat lebih banyak kolesterol. Peningkatan asupan serat ini dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL yang jahat untuk tubuh. Bengkuang juga mengandung potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah.

 

 

4 dari 8 halaman

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi serat dapat membuat saluran pencernaan menjadi lebih lancar, maka dari itu mengonsumsi bengkuang yang mengandung banyak serat akan baik untuk pencernaan. Jenis serat yang disebut inulin juga dapat meningkatkan frekuensi buang air besar hingga 31% untuk yang mengalami sembelit. Kandungan air yang tinggi dalam bengkuang juga dapat membantu meringankan sembelit yang terjadi.

 

5 dari 8 halaman

Baik untuk Usus

Kandungan inulin yang ada pada bengkuang juga yang merupakan serat prebiotik, di mana zat tersebut digunakan oleh bakteri di tubuh untuk menghasilkan manfaat kesehatan. Sistem pencernaan manusia memang tidak dapat mencerna atu menyerap prebiotik seperti inulin, tapi bakteri pada usus dapat memfermentasinya.

Salah satu pola diet dengan tinggi prebiotik juga dapat meningkatkan bakteri baik di usus dan juga menurunkan bakteri yang tidak sehat. Bakteri usus yang sehat dapat mengurangi risiko obesitas, penyakit jantung, dan juga diabetes.

 

6 dari 8 halaman

Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Dengan antioksidan berupa vitamin C dan E, selenium, dan beta-karoten dapat menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan kanker. Serat pada bengkuang juga mampu memberikan perlindungan terhadap kanker usus besar.

Prebiotik juga dapat meningkatkan jumlah bakteri sehat di usus, meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek pelindung, dan meningkatkan respens kekebalan yang mengurangi risiko kanker.

 

7 dari 8 halaman

Dapat Membantu Program Diet atau Menurunkan Berat Badan

Bengkuang merupakan makanan yang padat dengan nutrisi, jumlah kalori yang terkandung juga relatif rendah. Dengan air dan serat yang terkandung mampu membantu kenyang dengan lebih cepat. Serat dalam bengkuang juga membantu menjaga gula darah tetap stabil.

Bengkuang dengan seratnya juga dapat memperlambat pencernaan yang membantu mencegah kadar gula darah naik terlalu cepat setelah makan. Selain itu, serat prebiotik inulin ini terbukti mempengaruhi hormon yang berkatan dengan rasa lapar dan kenyang. Oleh sebab itu, bengkuang dapat membantu merasa lebih kenyang setelah makan sehingga mampu menurunkan berat badan dengan kenyang lebih lama.

 

8 dari 8 halaman

Manfaat Bengkuang untuk Kulit

Sudah banyak diketahui bahwa manfaat bengkuang pada wajah itu sangat baik, salah satunya yang sering didengar ialah dapat mencerahkan wajah. Melansir dari Organic Beauty Award, berikut beberapa manfaat lainnya yang dapat diberikan oleh bengkuang untuk kulit dan wajah.

Mencerahkan Kulit

Vitamin C yang banyak di dalam bengkuang ini berfungsi untuk antioksidan dan mencegah infeksi pada kullit. Selain itu, dapat juga menurunkan produksi melanin sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan bersinar.

Mencegah Penuaan Dini

Salah satu fungsi vitamin C yang terkandung dalam bengkuag ialah sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Antioksidan juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit untuk tetap lembap dan elastis. Serta juga dapat membantu mengurangi stres oksidatif yang berperan dalam penuaan pada kulit.

Melembapkan dan Menyegarkan Kulit

Seperti yang telah dijelaskan, bengkuang dengan kandungan air tinggi ini dapat mendinginkan dan melembapkan kulit sehingga kulit menjadi lebih segar. Bengkuang juga mampu menromalkan suhu kulit setelah terpapar sinar UV.

Bengkuang biasanya terkandung dalam beberapa merek perawatan kulit yang sudah banyak beredar. Masker bengkuang yang paling terkenal di antaranya sejak dahulu. Namun, jika Anda ingin membuat masker bengkuang sendiri juga bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Bahan yang diperlukan juga hanya bengkuang dengan ukuran sedang atau besar.

Cara Membuat Masker Bengkuang dengan Mudah:

  • Siapkan buah bengkuang dengan ukuran sedang.
  • Kupas bengkuang dan cuci hingga bersih.
  • Kemudian, parut bengkuang sampai halus.
  • Setelah diparut halus, bengkuang dapat langsung digunakan di wajah atau bagian tubuh lainnya seperti tangan atau kaki.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Lalu, bilas dengan air yang hangat.

Dapatkan hasil yang maksimal dengan menggunakannya secara konsisten.

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini