Kerap Diabaikan, 5 Alasan Berhenti Mengeringkan Wajah dengan Handuk

Oleh Liputan6.com pada 24 Mar 2021, 17:00 WIB
Diperbarui 24 Mar 2021, 17:00 WIB
Pentingnya pakai handuk yang berbeda antara badan dan wajah
Perbesar
Pakai handuk yang berbeda untuk badan dan wajah agar terhindar dari bakteri berbahaya. (Foto: unsplash.com)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mencuci wajah, banyak individu sering menggunakan handuk untuk mengeringkannya. Padahal handuk sangat tidak dianjurkan untuk menyeka wajah. Handuk menjadi tempat berkumpulnya banyak bakteri yang dapat merugikan kulit.

Meskipun telah dibedakan antara handuk badan dan handuk wajah, namun itu cenderung tidak membuat perubahan. Handuk tetap menjadi sarang bakteri yang dapat berpindah ke wajah.

Berbagai permasalahan kulit sering muncul akibat menyeka wajah dengan handuk. Masalah kulit itu seperti munculnya jerawat, iritasi, hingga keriput lebih cepat di wajah.

Nah, penasaran apa saja permasalahan kulit yang muncul jika mengeringkan wajah dengan handuk? Berikut ulasannya seperti melansir dari Bright Side, Rabu (24/3/2021).

2 dari 7 halaman

1. Muncul Jerawat

Mengatasi Jerawat
Perbesar
Ilustrasi Kulit Berjerawat Credit: pexels.com/Laluna

Mengeringkan wajah dengan handuk yang sama untuk mengeringkan tubuh dapat menyebabkan munculnya jerawat. Handuk menjadi tempat berkumpulnya bakteri karena disimpan di kamar mandi dengan udara lembab.

Meskipun menggunakan handuk khusus wajah, ini tidak dapat mengubah keadaan. Bakteri tetap berkumpul dan berkembang biak karena handuk tersebut jarang dicuci.

Kondisi itu dapat menciptakan tempat sempurna untuk pertumbuhan bakteri. Saat handuk ditempelkan ke wajah, bakteri-bakteri itu akan berpindah ke kulit wajah. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit.

3 dari 7 halaman

2. Muncul Kerutan

Ini 5 Masalah Tidak Menghapus Make Up Sebelum Tidur
Perbesar
Ilustrasi kulit mudah berkerut (via: artnews.az)

Handuk mandi banyak yang menggunakan bahan terry, sehingga terlalu kasar untuk wajah. Jika handuk berbahan Terry digunakan untuk menyeka wajah, ini dapat membuat kulit sedikit iritasi.

Hal itu membuat kulit sangat rentan terhadap infeksi dan kerutan. Handuk yang sering dicuci akan membuat bahan tersebut menjadi rapuh. Gesekan handuk pada wajah dapat menyebabkan kulit sedikit terkelupas.

4 dari 7 halaman

3. Mengurangi Keefektifan Skincare

[Bintang] 7 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Bikin Jerawatmu Tambah Parah
Perbesar
Mengeringkan wajah pakai handuk. (Via: m.webmd.com)

Mengeringkan wajah dengan handuk ternyata tidak akan membuat kulit mendapatkan hasil maksimal dari produk yang diaplikasikan. Sebelum semua air menguap dari permukaannya, pelembap yang dipakai akan lebih meresap ke dalam kulit.

Dengan tidak mengeringkan wajah dengan handuk, skincare yang dipakai di wajah akan mengunci kelembapan yang diperlukan. Kuliat dapat terlihat lebih awet muda dan bersinar.

5 dari 7 halaman

4. Iritasi Kulit

Ini 5 Masalah Tidak Menghapus Make Up Sebelum Tidur
Perbesar
[Bintang] ilustrasi wajah iritasi (via: istimewa)

Jika memiliki kulit sensitif, menggunakan handuk untuk mengeringkan wajah bukan menjadi pilihan yang baik untuk dilakukan. Handuk terbuat dari bahan yang cenderung kasar.

Sebagian dari benda tersebut terbuat dari bahan Terry yang kasar dan terlalu keras untuk kulit. Saat menyeka wajah dengan handuk, kulit dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan.

6 dari 7 halaman

5. Kulit Berminyak

3 Khasiat untuk Kulit Setelah Facial dengan Apel
Perbesar
Ilustrasi wajah berminyak. (via: istimewa)

Penyebab kulit berminyak karena penggunaan handuk untuk mengeringkan wajah mungkin terdengar kontradiktif. Tetapi tindakan tersebut ternyata dapat menyebabkan kulit berminyak.

Bahan handuk yang kasar dapat menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan kulit untuk terlihat sehat. Ini membuat kelenjar minyak harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengatasi kekeringan. Hasilnya kulit menjadi lebih berminyak.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓