Sukses

Catat, 4 Buah yang Harus Dihindari Saat Diet

Ada beberapa makanan yang harus dihindari ketika sedang menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menjalankan program diet, biasanya terdapat beberapa makanan yang harus dihindari. Banyak individu menganggap bahwa buah-buahan adalah makanan rendah kalori dan sehat.

Sehingga individu yang sedang diet diperbolehkan mengonsumsi buah apa pun. Tetapi, pernyataan itu dianggap keliru karena tidak semua buah baik untuk proses penurunan berat badan.

Beberapa buah mengandung terlalu banyak gula maupun kalori, sehingga tidak baik untuk tubuh. Dikutip dari Bright Side, Selasa (23/3/2021), empat buah berikut nyatanya harus dihindari ketika sedang diet. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Alpukat

Alpukat tidak baik dimakan saat diet. Buah yang dijuluki sebagai "buah mentega" ini memiliki kalori yang sangat tinggi, sehingga tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Dalam 100 gram alpukat, diperkirakan mengandung sekitar 160 kalori. Buah ini dapat dengan mudah menambah berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Saat sedang diet, disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tidak terlalu sering.

3 dari 5 halaman

2. Pisang

Alasan buah ini tidak baik dikonsumsi saat diet karena pisang mencerna dengan lambat. Baru-baru ini, ilmuwan menemukan zat tertentu di dalamnya yang menghalangi aktivitas sel dalam pemecahan lemak.

Pisang juga mengandung banyak kalori dan gula dalam jumlah banyak. Satu buah pisang diperkirakan mengandung sekitar 150 kalori atau 37,5 gram karbohidrat. Sehingga menyebabkan berat badan bertambah dengan mudah.

4 dari 5 halaman

3. Anggur

Anggur mengandung banyak gula dan lemak, sehingga tidak baik dikonsumsi saat menjalani program diet. Kulit buah ini sulit dicerna, bijinya dapat menyumbat usus, dan rasa asamnya dapat merusak enamel gigi.

100 gram anggur diperkirakan mengandung 67 kalori dan 16 gram gula. Ini menandakan bahwa mengonsumsi anggur dapat menyebabkan berat badan bertambah.

5 dari 5 halaman

4. Mangga

Buah-buahan tropis seperti mangga mengandung kalori tersembunyi yang dapat menghambat penurunan berat badan. Buah ini juga mengandung banyak gula alami, sehingga mengeluarkan rasa yang terlalu manis.

Menghindari mangga saat sedang diet adalah pilihan yang tepat. Meskipun mangga termasuk buah yang sehat, namun jika dikonsumsi berlebihan tidak baik untuk tubuh, terutama saat diet.

Penulis:

Syifa Aulia

UPN Veteran Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.