Sukses

Tak Banyak yang Tahu, Jambu Mawar Punya 6 Manfaat Bagi Kesehatan

Karena memiliki khasiat obat, jambu mawar nyatanya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional India.

Liputan6.com, Jakarta - Jambu mawar atau syzygium jambos memang kurang familiar bagi masyarakat Tanah Air. Jambu dengan bentuk seperti lonceng ini memiliki daging bewarna putih kekuningan dengan tekstur berair.

Karena memiliki khasiat obat, jambu mawar nyatanya telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional India.

Nah, penasaran manfaat kesehatan apa saja yang didapat dari jambu mawar? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (22/3/2021).

1. Tingkatkan Kekebalan

Jambu mawar mengandung asam galat, myricetin, asam ursolic dan myricitrin yang dikenal karena aktivitas antioksidannya yang kuat.

Senyawa ini membantu menghambat peradangan sitokin dan meningkatkan sistem kekebalan untuk melawan berbagai penyakit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Cegah Sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu ini menambah kotoran pada tinja dengan mempercepat dan mempermudah perjalanan makanan melalui perut dan usus.

Ini bisa meredakan sembelit dan juga meredakan perut kembung.

3 dari 6 halaman

3. Tingkatkan Kesehatan Mata

Ramuan yang terbuat dari daun pohon jambu banyak digunakan sebagai diuretik untuk pengobatan sakit mata.

Selain itu, vitamin C, antioksidan kuat dalam buah ini membantu melindungi sel-sel mata dari kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kesehatan mata.

4 dari 6 halaman

4. Tingkatkan Kesehatan Otak

Studi mengatakan bahwa jambu digunakan sebagai tonik untuk otak. Terenoid dalam buah ini diketahui bisa mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan meningkatkan fungsi otak, memori dan kemampuan belajar dengan meningkatkan kelangsungan hidup saraf.

5 dari 6 halaman

5. Memperkuat Tulang

100 g jambu mawar mengandung 29 g kalsium, dan inilah mengapa konsumsi buah ini bisa membantu memperkuat tulang dan mencegah penyakit terkait seperti rematik yang ditandai dengan nyeri hebat pada persendian dan jaringan ikat.

6 dari 6 halaman

6. Membantu Detoksifikasi

Jambu mawar dianggap sebagai diuretik yang bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan membantu detoksifikasi.

Buah ini juga mengandung senyawa fenolik dan saponin yang memiliki aktivitas hepaprotektif, anti inflamasi dan anti diare. Ini bisa membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal, serta meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.