Sukses

Wanita Ini Kembalikan Buku yang Dipinjamnya di Perpustakaan Selama 63 Tahun

Bagaimana jadinya jika Anda mengembalikan buku ke perpustakaan usai meminjamnya selama 63 tahun?

Liputan6.com, Amerika Serikat - Sebagian besar dari Anda tentu pernah meminjam buku di perpustakaan. Umumnya jangka waktu meminjam sebuah buku bertempo satu minggu hingga satu bulan.

Jika mengembalikan buku melebihi waktu yang ditentukan, Anda akan dikenai denda. Lantas bagaimana jika Anda mengembalikan buku ke perpustakaan usai meminjamnya 63 tahun silam?

Hal ini yang dialami seorang wanita di Wisconsin, Amerika Serikat. Betty Diamond mengatakan dia pernah meminjam buku Ol 'Paul, the Mighty Logger, kumpulan cerita Paul Bunyan karya Glen Rounds, dari Perpustakaan Umum Queens pada tahun 1957 lalu.

Diamond mengatakan buku itu akhirnya hilang di antara buku-bukunya sendiri dan dia berhasil menemukannya selama bertahun-tahun, tetapi tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan buku tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengembalikannya Usai 63 Tahun

Diamond, yang mengajar sastra di University of Wisconsin-Whitewater, mengatakan dia baru-baru ini memutuskan untuk menebus kesalahannya tersebut dan mengirimkan buku itu kembali ke cabang perpustakaan di Auburndale dengan uang $500 atau sekitar Rp 7 juta untuk menutupi biaya keterlambatan.

Nick Buron, kepala Perpustakaan Umum Queens, mengatakan bahwa uang itu tidak diperlukan, tetapi dihargai. Dia mengatakan perpustakaan berhenti memungut biaya setelah tujuh tahun.

3 dari 3 halaman

Kejadian Serupa

Buron mengatakan sekitar 11.000 buku saat ini dipinjam sudah melewati tujuh tahun atau lebih, tapi buku yang dipinjam hingga 63 tahun itu baru ada sekali seumur hidup.

Namun, sebuah buku baru-baru ini dikembalikan ke Perpustakaan Regional Cape Breton di Nova Scotia, Canada, setelah jangka waktu yang lebih lama 82 tahun.

Salinan buku The Adventures of Doctor Dolittle karya Hugh Lofting, dikembalikan oleh Jordan Muscyscyn, yang menemukannya di loteng saat melakukan renovasi pada rumahnya yang baru saja dibeli di Sydney, Nova Scotia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.