Sukses

4 Alasan Minum Kopi di Pagi Hari Lebih Baik Daripada Teh

Mengapa minum kopi di pagi hari lebih baik daripada teh?

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan individu kerap meminum kopi di pagi hari sambil bersantai sebelum memulai aktivitas. Minum kopi membantu mereka terjaga dan siap untuk menjalani hari.

Bahkan ini dianggap dapat meningkatkan mood alias suasana hati seseorang. Mengonsumsi kopi sebelum beraktivitas juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan mengembangkan kreativitas.

Sebuah penelitian dari University of Arkansas mengungkapkan bahwa kafein pada kopi dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, namun tak berdampak langsung pada kreativitas.

Lalu, apa saja manfaat minum kopi di pagi hari? Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat meminum kopi saat pagi hari.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kopi membantu olahraga lebih baik

Meminum kopi saat pagi hari dapat membantu Anda berolahraga lebih baik. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi sangat efektif untuk meningkatkan kinerja saat dikonsumsi dalam dosis rendah hingga sedang.

Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi kafein dan karbohidrat meningkatkan jumlah glikogen dalam tubuh. Glikogen inilah yang memberikan kekuatan pada tubuh saat olahraga. Selain itu, kafein pada kopi lebih banyak daripada teh, sehingga kopi dapat meningkatkan kinerja fisik dan mengurangi kelelahan akibat olahraga.

 

 

3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan konsentrasi

Manfaat minum kopi saat pagi hari selanjutnya adalah dapat meningkatkan konsentrasi. Kandungan kafein pada kopi bersifat menstimulasi kerja sistem saraf pusat sehingga dapat meningkatkan kemampuan mental terutama pada ketelitian, perhatian, kewaspadaan, hingga konsentrasi.

Saat konsentrasi lebih tajam, menjalani aktivitas seharian pun dapat lebih produktif dan efektif.

 

 

4 dari 5 halaman

3. Membantu turunkan berat badan

Manfaat minum kopi saat pagi hari lainnya, yakni dapat menurunkan berat badan karena sifatnya mendorong metabolisme tubuh. Selain itu, kopi juga mengandung asam Chlorogenic yang bisa memperlambat penyerapan karbohidrat dan memecah lemak. Namun, sebaiknya Anda minum 1-2 cangkir kopi saja di pagi hari.

Agar menurunkan berat badan lebih cepat tercapai, Anda harus memilih jenis biji kopi hingga jumlah ideal konsumsinya.

 

 

5 dari 5 halaman

4. Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson

Lansia berusia di atas 65 tahun berisiko terkena penyakit saraf degeneratif, seperti alzheimer dan parkinson. Meski belum ada obatnya, penyakit saraf degeneratif ini dapat dicegah dengan cara menjaga pola makan, rajin berolahraga hingga minum kopi.

Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang rajin mengonsumsi kopi saat pagi hari memiliki risiko terkena penyakit alzhaimer lebih rendah 65 persen daripada bukan peminum kopi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.