Sukses

5 Cara Mudah Atasi Susah Tidur Setelah Terbangun di Tengah Malam

Susah tidur setelah terbangun di tengah malam akan membuat tubuh menjadi lebih lelah dan tak bugar keesokan harinya.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur malam hari merupakan waktu yang sangat penting bagi tubuh untuk beristirahat dengan cukup. Sayangnya, tak jarang individu mengalami gangguan, seperti terbangun di tengah malam dan sulit untuk dapat tertidur kembali.

Hal ini tentu dapat memengaruhi kondisi tubuh Anda menjadi lebih lelah dan tak bugar keesokan harinya. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa tips efektif berikut ini agar bisa kembali tidur dengan tenang dan tanpa takut berisiko terkena insomnia.

Berikut beberapa cara mudah agar tertidur kembali setelah terbangun di tengah malam.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gerakkan kaki

Latihan relaksasi otot progresif akan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, cara ini juga dapat membantu Anda menghilangkan stres yang mengganggu ketika terbangun di tengah malam.

Lenturkan kaki Anda dengan meremasnya kemudian buatlah rileks secara perlahan. Cara lainnya, Anda juga dapat menekuk jari-jari kaki dan melepaskannya ke atas, lalu kembali ke posisi normal. Tahan jari kaki Anda di setiap posisi yang sama selama 10 detik.

3 dari 6 halaman

2. Baca buku

Jika terbangun di tengah malam, biasanya Anda sedang kekurangan melatonin. Melatonin merupakan hormon yang diperlukan untuk tidur restoratif.

Biasanya, Sebagian individu akan meraih ponselnya saat terbangun di tengah malam. Padahal penggunaan ponsel tidak akan meningkatkan level hormon tersebut. Sebaliknya, cahaya dari layar akan semakin membuat Anda tak bisa tidur kembali.

Cara ampuh agar mudah mengantuk dan dapat tertidur kembali adalah dengan membaca buku. Pasalnya, beberapa kata dan kalimat saja akan membuat Anda langsung mengantuk. Hal itu pula yang menjadi alasan mengapa orangtua suka membacakan dongeng sebelum kita tidur.

4 dari 6 halaman

3. Menghirup aroma lavender

Lavender telah terbukti dapat mengobati insomnia dan membantu individu yang memiliki kesulitan tidur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 6 hingga 8 tetes minyak lavender mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur tanpa menimbulkan efek buruk.

Anda dapat meletakkan lilin aroma terapi dengan wangi lavender di kamar untuk membantu tidur lebih nyenyak. Cara lainnya, Anda bisa mulai menyimpan tanaman lavender di kamar. Dengan begitu, aroma lavender akan selalu ada apa pun yang terjadi.

5 dari 6 halaman

4. Gunakan kaus kaki

Kaus kaki memiliki kemampuan yang dapat melebarkan pembuluh darah di kaki dan mentransfer kehangatannya ke seluruh tubuh. Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa memakai kaus kaki di tempat tidur dapat meningkatkan kualitas tidur dan memperpanjang durasinya.

Gunakanlah kaus kaki yang longgar dan tak ketat sehingga tak mengganggu sirkulasi darah. Kaus kaki berbahan wol dianggap yang terbaik karena dapat menghangatkan kaki dan membuat Anda tetap nyaman pada saat yang bersamaan.

6 dari 6 halaman

5. Mandi air hangat atau air dingin

Banyak dokter yang menyarankan untuk mandi dengan jarak waktu sekitar satu jam sebelum tidur. Pasalnya, suhu tubuh kita perlu diturunkan agar bisa merasa ngantuk. Salah satunya adalah dengan mandi sebelum tidur.

Ketika bangun di tengah malam, Anda mungkin merasa kepanasan atau kegerahan. Dengan mandi air hangat atau air dingin, Anda dapat menurunkan suhu tubuh dan menjernihkan pikiran yang dapat membantu tidur lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.