Sukses

Cocok untuk Diet, Resep Olahan Sehat Kulit Kentang dengan Isi Saus Bayam Keju

Tak hanya dagingnya, kulit kentang juga dapat diolah dan dikonsumsi serta memiliki serat dan protein yang lebih tinggi juga lho.

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, sering kali kita mengonsumsi kentang menjadi lauk atau makanan pengganti nasi. Kentang menjadi makanan yang sangat populer terlebih lagi di resto makanan cepat saji yaitu kentang goreng. Kentang goreng tersebut biasanya menjadi makanan pendamping nasi dengan ayam atau bahkan dengan burger.

Kentang dapat diolah menjadi makanan gurih yang nikmat. Biasanya bagian kentang yang dibuat menjadi hidangan ialah bagian daging kentang, sedangkan kulitnya disisihkan dan dibuang. Akan tetapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi kulit kentang akan memberikan banyak nutrisi baik?

Dengan mengonsumsi kulit kentang ada juga akan mendapat lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan fitokimia daripada hanya memakan dagingnya saja, seperti yang dilansir dari Live Strong. Kulit kentang ini rendah kalori jika tidak disajikan dengan mentega, krim, dan beberap lainnya.

Mungkin tak sedikit yang bingung bagaimana bisa kulit kentang diolah menjadi sebuah hidangan yang lezat. Berikut ini akan kami bagikan resep praktis membuat kulit kentang berkalori rendah dan bercita rasa nikmat. Namun, sebelum masuk ke resepnya, Anda perlu mengetahui kandungan yang terdapat dalam kulit kentang.

 

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nutrisi dalam Kulit Kentang

Mengutip dari Live Strong, kulit kentang tidak mengandung kolesterol atau lemak dalam jumlah yang signifikan. Oleh karena itu, jika Anda hanya memanggang kulit kentang maka terdapat lebih banyak protein dan serat yang terkandung dibandingkan dengan kentang utuh yang diolah lainnya.

Di dalam kentang terdapat karbohidrat, protein, dan serat. Misalnya jika Anda mengonsumsi satu kulit kentang yang dipanggang maka bisa terkandung 115 kalori, 27 gram karbohidrat, 2,5 gram protein, dan 4,6 gram serat.

Jika dibandingkan dengan satu kentang utuh yang juga dipanggang ukuran 173 gram termasuk daging dan kulitnya, Anda diperkirakan mengonsumsi 161 kalori, 37 gram karbohidrat, 4,3 gram protein, dan 3,8 gram serat.

Selain itu, jika Anda mengonsumsi kulit kentang juga akan mendapat banyak vitamin B penting, seperti Tiamin, Riboflavin, Niasin, vitamin B-5, vitamin B-6, dan juga folat. Vitamin B pada kentang dapat membantu mengurangi stress, meningkatkan produktivitas kerja, dan meningkatkan mood.

Sungguh bermanfaat kandungan yang terdapat dalam kentang ini. Nah, berikut ini resep untuk membuat olahan kulit kentang yang rendah kalori dengan campuran bayam dan keju yang dilansir dari Very Well Fit.

 

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan:

  • 1 ikat bayam
  • 2 ons krim keju rendah lemak (keju Neufchatel)
  • Keju parmesan parut
  • ½ bawang bombay cincang
  • 3 siung bawang putih cincang
  • 1 kaleng kaldu ayam
  • 3 kentang ukuran sedang, dipanggang
  • 1/3 cangkir putih telur, kocok sedikit
  • Garam secukupnya

Catatan: Bahan-bahan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

 

4 dari 4 halaman

Cara Pembuatan

  1. Pertama, panggang kentang yang sudah dibersihkan dan tunggu hingga cukup empuk.
  2. Sembari menunggu kentang, buat isian bayam dengan menumis bawang bombay dan bawang putih di atas wajan dengan sedikit kaldu ayam sebagai pengganti minyak.
  3. Setelah bawang Bombay menjadi empuk, tambahkan bayam ke dalamnya.
  4. Lalu, keju krim dan segenggam keju Parmesan juga dimasukkan ke dalam campuran dan aduk sampai lembut.
  5. Ketika sudah cukup tercampur dan lembut, matikan kompor.
  6. Selanjutnya, siapkan kentang kemudian ambil bagian tengahnya dengan menyisihkan kulitnya.
  7. Masukkan bagian tengah kentang ke dalam mangkuk dengan beberapa sendok kaldu dan haluskan kentang panggang tersebut.
  8. Tambahkan garam pada adonan kentang tersebut secukupnya.
  9. Untuk memanggang kentang, celupkan dahulu setiap kulit ke dalam mangkuk yang berisi putih telur hingga ke dua sisinya terlapisi.
  10. Kemudian letakkan kulit yang bagian dalam menghadap ke bawah di atas loyang.
  11. Panggang selama 10 menit di oven 425 derajat yang telah dipanaskan sebelumnya sampai sisi kulit menjadi renyah.
  12. Lalu, balik kulit kentang ke sisi sebaliknya dan panggang kembali sampai menjadi renyah juga.
  13. Setelah kulit matang, taruh satu sendok makan kentang tumbuk secara merata di atas kulit.
  14. Dan di atasnya juga ditaruh satu sendok makan isian bayam dan parutan keju parmesan.
  15. Panggang kembali di oven dengan suhu 425 derajat sampai keju di atasnya meleleh.
  16. Saat keju sudah meleleh, sajian kulit kentang rendah kalori ini siap dihidangkan.

Hidangan kulit kentang dengan bayam ini dapat dinikmati sebagai cemilan atau pengganti makanan berat yang juga enak. Di dalam setiap satu kulit beserta isiannya terdapat 150 kalori dan 3 gram lemak. Hidangan ini dapat dicoba untuk mengganti menu makanan Anda agar tidak bosan dengan makanan yang sehat.

 

 

Penulis:

Gerda Faradila

Politeknik Negeri Media Kreatif

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.