Sukses

Jangan Disepelekan, Ini 5 Tanda Awal Anda Mengidap Diabetes

Berikut ini beberapa tanda awal Anda terkena diabetes

Liputan6.com, Jakarta Tubuh memiliki sejumlah gula secara alami dan juga membutuhkan gula untuk memberi kita energi. Tetapi ketika kadar gula melewati tingkat tertentu, itu menghasilkan hiperglikemia, yang biasa disebut gula darah tinggi.

Gula darah tinggi dapat merusak organ Anda dan menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya. Ada kalanya, seseorang tidak mengetahui bahwa ia mengidap diabetes sehingga penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui cara terbaik mengelola diabetes.

Makan lebih sedikit dan sering, berolahraga dan mempertahankan gaya hidup sehat penting untuk mengelola diabetes. Karena gula darah tinggi bila tidak ditangani dalam waktu lama dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius bagi hidup Anda.

Ada beberapa gejala awal yang bisa terjadi pada diabetes. Perhatikan tanda-tanda awal diabetes ini sebelum terlambat.

Berikut lima tanda peringatan dini diabetes seperti dihimpun dari TimesofIndia:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sering buang air kecil

Ketika Anda memiliki gula darah tinggi, ginjal Anda tidak dapat menyaring gula dengan benar, yang menyebabkan gula menumpuk di dalam urin. Hal ini menyebabkan seringnya buang air kecil.

Ini juga dapat menyebabkan infeksi bakteri dan jamur. Jika Anda menggunakan kamar mandi lebih sering dari biasanya, itu bisa menjadi tanda diabetes.

 

3 dari 6 halaman

2. Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan

Jika Anda memiliki gula darah tinggi, tubuh Anda akan mulai menurunkan berat badan secara tidak terduga. Ini terjadi karena tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa secara efektif untuk memberi Anda energi.

Dengan demikian, ini mulai membakar lemak di tubuh Anda, yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan secara tiba-tiba. Jika Anda berat badan Anda turun tanpa berusaha keras, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda penderita diabetes.

 

4 dari 6 halaman

3. Penglihatan terganggu

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak penglihatan Anda. Ini dapat berdampak negatif pada kesehatan mata Anda dan meningkatkan risiko kehilangan penglihatan.

Perubahan penglihatan yang tiba-tiba tidak boleh dianggap enteng dan Anda harus berkonsultasi dengan dokter.

 

5 dari 6 halaman

4. Perubahan warna kulit

Resistensi insulin dapat menyebabkan pigmentasi kulit, terutama di sekitar leher, area persendian, dan tungkai. Kulit gelap yang tiba-tiba Anda miliki harus dikonsultasikan dengan dokter.

 

6 dari 6 halaman

5. Kelelahan yang berlebihan

Jika Anda merasa kelelahan meski sudah istirahat dengan benar dan makan dengan sehat, itu bisa menjadi tanda peringatan diabetes. Penderita diabetes sering kali merasa dehidrasi dan kelelahan bahkan tanpa terlalu memaksakan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.