Sukses

Usir Nyamuk hingga Hilangkan Karat, 5 Manfaat Bawang Merah yang Jarang Diketahui

Berikut beberapa manfaat bawang merah untuk kehidupan sehari-hari yang tak banyak orang tahu.

Liputan6.com, Jakarta Bawang merah menjadi salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan orang ketika memasak. Bawang merah dapat membuat rasa masakan lebih sedap dan harum.

 

Bawang merah sendiri memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh jika Anda mengonsumsinya. Bawang merah dapat membantu meningkatkan sistem imun, menyehatkan jantung, mengatasi radang tenggorokan hingga mencegah kanker.

Namun rupanya tak cukup sampai di situ loh, bawang merah juga memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Ya, mungkin banyak yang belum tahu bahwa bawang merah dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika disengat lebah hingga menghilangkan karat.

Nah, berikut ini telah tim Citizen6-Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat bawang merah untuk kehidupan sehari-hari yang tak banyak orang tahu.

Saksikan Video di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membantu Mengurangi Rasa Sakit Usai Disengat Lebah

Saat Anda disengat lebah, itu bisa menjadi pengalaman yang menyakitkan dan membengkak. Menggunakan es batu dan meminum obat penghilang rasa sakit bisa membantu mengatasi rasa sakitnya. Dikutip dari Lifehack, aada tip yang mungkin belum Anda coba yaitu cobalah oleskan bawang merah yang baru dipotong ke area yang terkena sengatan untuk mengurangi rasa sakit, menurut Dr. Eric Block dari Universitas Negeri New York di Albany. 

3 dari 6 halaman

Usir Nyamuk

Tak sedikit dari kita yang kerap terganggu dengan adanya nyamuk di dalam rumah. Memang ada banyak produk anti nyamuk yang dapat Anda beli di supermarket. Namun taka da salahnya jika Anda beralih ke bahan alami untuk mengusir nyamuk seperti contohnya bawang merah. Anda dapat mengirisnya dan menaruhnya ke dalam mangkuk berisi air, meletakkannya di atas meja atau benda lain di dekat Anda untuk mengusir serangga. Cara lainnya, Anda dapat menggosokkan bawang langsung ke kulit Anda.

4 dari 6 halaman

Hilangkan Karat

Tahukah Anda bahwa bawang merah dapat membantu menghilangkan karat dari pisau dapur atau alat peralatan berbahan besi lainnya. Caranya gosokkan bawang pada permukaan berkarat hingga karat luruh dan bilas dengan air. 

5 dari 6 halaman

Hilangkan Bau Cat

Ketika baru mengecat dinding rumah atau kamar tidur tak sedikit dari Anda yang terganggu dengan aroma cat baru. Hal ini biasanya berlangsung cukup lama hingga cat benar-benar mongering.

Jangan khawatir, Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan bawang merah. Tempatkan setengah potongan bawang merah di piring dan letakkan di tengah ruangan. Bawang merah akan menyerap bau cat dalam beberapa jam.

6 dari 6 halaman

Mengatasi Insomnia

Anda menderita insomnia? Cobalah untuk potong bawang merah mentah dan cium aromanya sesaat sebelum tidur di malam hari. Mencium aroma bawang dapat membantu Anda terlelap lebih cepat. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.