Waspada Bila Lutut Terasa Sakit di Malam Hari, Bisa Jadi Penyakit Ini

Oleh Sulung Lahitani pada 15 Mar 2021, 19:01 WIB
Diperbarui 15 Mar 2021, 19:01 WIB
Ilustrasi lutut | cottonbro dari Pexels
Perbesar
Ilustrasi lutut | cottonbro dari Pexels

Liputan6.com, Jakarta Entah itu sakit kepala atau sakit punggung, semua orang pernah mengalami rasa sakit dan pegal. Sebagian besar orang memilih untuk mengonsumsi pil pereda nyeri agar rasa sakit berkurang.

Namun, bagaimana cara Anda mengetahui bahwa itu adalah sesuatu yang butuh penanganan lebih lanjut? Salah satu tandanya adalah jika rasa sakit terus kembali dan datang pada waktu tertentu.

Jika Anda menyadari bahwa satu bagian tubuh tertentu terasa sakit saat di malam hari, itu adalah penyakit yang tidak dapat Anda abaikan. Bagian tubuh tersebut yakni lutut yang terasa nyeri di malam hari.

Nyeri lutut di malam hari

Ilustrasi Tidur
Perbesar
Ilustrasi tidur (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

Jika Anda mengalami nyeri lutut berulang di malam hari, Anda harus mengunjungi dokter karena seringkali itu merupakan akibat dari masalah yang lebih besar.

"Seringkali karena mereka menderita radang sendi, umumnya osteoartritis," Kim Stearns, MD, seorang ahli bedah ortopedi menjelaskan untuk Cleveland Health Clinic.

"Orang dengan lutut normal dan sehat biasanya tidak merasakan sakit di malam hari."

Menurut WebMD, osteoartritis adalah kondisi yang disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan, yang merupakan jaringan yang melindungi tulang dan persendian Anda. Gejala lain osteoartritis di lutut mungkin termasuk pembengkakan, terasa hangat di sendi, dan adanya suara berderit saat Anda menggerakkan lutut.

 

Komplikasi akibat osteoartritis

ilustrasi kurang tidur menyebabkan pusing/pexels
Perbesar
ilustrasi kurang tidur menyebabkan pusing/pexels

Menurut Healthline, osteoartritis adalah bentuk radang sendi yang paling umum , tetapi bukan berarti tidak memiliki komplikasi yang serius. Karena osteoartritis lutut juga lebih mungkin menyerang pada malam hari, hal ini dapat dengan mudah mengganggu tidur Anda, serta menurunkan produktivitas dan menyebabkan Anda bertambah gemuk.

Osteoartritis lutut juga dapat berkembang menjadi kasus parah stadium 4, yang harus ditangani dengan operasi penataan kembali tulang atau penggantian lutut total.

Selain itu menurut sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Rheumatology, tanpa perawatan yang tepat, rasa sakit yang timbul dari kondisi ini dapat menyebabkan kecemasan dan depresi.

 

Faktor risiko osteoartritis

Osteoartritis Juga Serang Usia Muda
Perbesar
Osteoartritis Juga Serang Usia Muda

Menurut WebMD, usia adalah faktor risiko utama untuk kondisi ini, dengan risiko terkena osteoartritis meningkat setelah Anda berusia 45 tahun, tetapi juga dapat terjadi pada orang muda.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengidap osteoartritis pada usia yang lebih dini antara lain berat badan, faktor keturunan, menjadi seorang wanita, cedera stres yang berulang, atletik, dan penyakit lain seperti rheumatoid arthritis atau gangguan metabolisme tertentu.

 

Alasan lain lutut sakit di malam hari

Osteoartritis
Perbesar
Osteoartritis

Meskipun osteoartritis mungkin menjadi penyebab nyeri lutut di malam hari, mungkin ada hal lain di balik penyakit spesifik ini. Jasmine Marcus, DPT, seorang ahli terapi fisik dan spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat, mengatakan itu juga bisa menjadi tendonitis patela, suatu kondisi yang disebabkan oleh radang tendon lutut Anda.

Sebenarnya, Anda juga lebih mungkin merasakan nyeri lutut di malam hari karena dua alasan. Menurut Marcus, beberapa kondisi yang berhubungan dengan lutut, seperti osteoartritis atau tendonitis patela, cenderung "lebih menyakitkan saat Anda istirahat daripada saat Anda bergerak." Plus, “ketika Anda akhirnya melambat dan tidak terlalu sibuk, Anda lebih memperhatikan hal-hal di tubuh Anda,” jelasnya.

"Jika tidak ditangani, kondisi tertentu mungkin memburuk," Marcus memperingatkan. Itulah sebabnya Anda harus selalu berbicara dengan dokter jika Anda mengalami nyeri lutut yang berulang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓